Selasa, 14 Mei 2019 15:24 WIB

Mobil di Jerman Bisa 'Baca' Lampu Lalin

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Audi Foto: Audi
Ingolstadt - Mobil-mobil buatan Jerman makin canggih saja. Mobil bisa membaca lampu lalu lintas dan memberikan informasi tepat kepada pengendara berapa kecepatan yang pas agar pas tiba di lampu lalu lintas, lampunya tengah hijau.

Adalah Audi yang mulai memperkenalkan layanan vehicle to infrastructure (V2I) yang mereka sebut Traffic Light Information. Mulai bulan Juli, layanan ini bisa dicoba di kota Ingolstadt Jerman, kemudian kota lainnya di Eropa mulai menyusul pada 2020.



Dengan layanan ini, pengguna mobil diharapkan akan selalu mendapatkan 'gelombang lampu hijau' saat berada di lampu lalu lintas. Pengendara Audi bisa melihat informasi berapa kecepatan yang dibutuhkan di dasbor dan heads up display kendaraan agar bisa mendapatkan lampu hijau di persimpangan berikutnya.

Mobil Jerman Bisa 'Baca' Lampu LalinFoto: Audi


Jika karena satu hal tidak memungkinkan misalnya seperti karena ada batas kecepatan, mobil akan memberikan hitung mundur sampai lalu lintas kembali hijau.

"Berhenti dan melaju di perkotaan sangat mengganggu, untuk mendapatkan lampu lalu lintas sangat jarang. Dengan Traffic Light Information, pengendara lebih memiliki kontrol. Mereka berkendara lebih efisien dan lebih relaks karena mereka tahu 250 meter di depan ada lampu lalu lintas dan mereka tahu berapa kecepatan yang dibutuhkan untuk mendapatkan lampu hijau," ujar Kepala Pengembangan Aplikasi, Layanan Koneksi, dan Smart City Audi, Andre Hainzlmaier.

Mobil Jerman Bisa 'Baca' Lampu LalinFoto: Audi


Mobil yang memiliki layanan lampu lalin ini adalah Audi A4, A6, A7, A8, Q3, Q7 dan Q8.

Selama ini di Amerika, pengendara Audi sudah menggunakan fitur Time to Go Green dalam 2 tahun terakhir. Jika pengendara mobil kena lampu merah, ada hitung mundur di kokpit Audi yang menampilkan berapa detik lagi lampu kembali hijau. Kota yang memiliki layanan ini adalah Denver, Houston, Las Vegas, Los Angeles, Portland dan Washington D.C.

(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya