Senin, 13 Mei 2019 13:55 WIB

Pemilu Sudah Lewat, Penjualan Mobil Diharapkan Ngegas Lagi

Luthfi Anshori - detikOto
Daihatsu Xenis Ilustrasi Foto: Ruly Kurniawan Daihatsu Xenis Ilustrasi Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - Penjualan mobil 4 bulan pertama 2019 mengalami penurunan cukup besar. Berdasarkan data Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia), penjualan ritel sales nasional hingga April 2019 mencatat angka 340.118 unit atau turun 11,8 persen, sedang untuk whole sales nasional berada di angka 337.321 unit atau turun 14,4 persen dibanding periode yang sama di tahun lalu.

Menurut Marketing and CR Division Head PT Astra International Tbk-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, faktor turunnya penjualan mobil di awal 2019 ini salah satunya disebabkan karena adanya Pemilu.



"Tahun 2019 ini memang agak mengherankan. Penjualan mobil turun secara makro (di kuartal pertama 2019). Kalau kami lihat, pemilu sedikit mempengaruhi, karena memang kan pemilu tahun ini dalam tanda kutip sekarang ramai sekali, sehingga banyak konsumen menunda pembelian," kata Hendrayadi, beberapa waktu lalu.

"Dari Daihatsu, terutama dari kustomer-kustomer fleet cukup banyak yang menunda pembelian, sampai nanti ada hasil pengumuman Pemilu dari KPU," lanjut Hendrayadi.



Terlebih Pemilu tahun ini diselenggarakan pada hari Rabu, di mana pada hari Jum'at-nya ada libur nasional. "Sedangkan hari Kamis-nya 'harpitnas', dan libur kemudian nyambung hingga Sabtu dan Minggu, sehingga kami memang loss penjualannya cukup besar sekali. Jadi memang banyak kehilangan waktu dan juga mungkin orang lebih banyak fokus ke pemilu," katanya lagi.

Seiring berakhirnya masa Pemilu, Hendrayadi pun berharap penjualan mobil, akan bergairah lagi. "Kami masih optimis mudah-mudahan bulan Mei menjelang lebaran marketnya bisa naik lagi, apalagi pasti banyak orang yang ingin beli mobil untuk dipakai mudik bulan depannya," terangnya.



Untuk menggairahkan daya beli konsumen, PT Asra Daihatsu Motor (ADM) pun sudah memiliki sejumlah strategi untuk menstimulasi penjualan mobil. "Paling utama kami akan melakukan sejumlah aktivitas promosi . Selama kuartal satu kemarin itu kami lebih banyak mengundang kustomer ke showroom, jadi kami lebih banyak menjelaskan produk dan paket kredit kita," pungkasnya. (lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Breaking News
×
Sidang Sengketa Pilpres 2019
Sidang Sengketa Pilpres 2019 Selengkapnya