Kamis, 02 Mei 2019 16:19 WIB

Produksi Honda BR-V Belum Dikurangi, Inden Normal

Ruly Kurniawan - detikOto
Honda BR-V Foto: Pradita Utama Honda BR-V Foto: Pradita Utama
Semarang - Punya jubah baru, PT Honda Prospect Motor (HPM) menunda lakukan efisiensi produksi pada BR-V. Dengan begitu, lama waktu inden mobil kembaran Mobilio-Brio tersebut tak akan makan waktu lama.

Sebagaimana dikatakan Direktur Pemasaran dan Purnajual Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy di sela-sela Media Test Drive Honda BR-V, Semarang, Jawa Tengah, Kamis (2/5/2019). Namun sayang, dirinya belum bisa mengungkapkan lama waktu tunggu LSUV baru tersebut.



"Pengurangan tak terjadi pada BR-V, tapi model lain juga. Bahkan bisa juga Brio yang dikurangi. Tapi saat ini, ekspor tidak mengurangi produk lokal, tapi nambah lembur. Jadi kita nambah lembur di bulan-bulan yang ada," kata Jonfis.

"Jadi kalau memang ada penjualan lokal yang signifikan, baru ada perhitungan lagi. Karena kan tidak bisa bulan depan nambah produksi terus sisanya dikurang. Saat ini kita belum bisa katakan inden BR-V baru karena IIMS belum selesai," lanjutnya.



Sebelumnya, demi memenuhi permintaan Honda Brio yang telah melakukan debut ekspor, PT HPM terpaksa lakukan penyesuaian di dapur produksi. Salah satu model yang terdampak adalah Honda BR-V.

"Kapasitas untuk Brio itu 180 ribu, tahun ini sekitar hampir 50 ribu. Produksi Brio sendiri setelah lakukan debut ekspor tergantung permintaan konsumennya. Kalau sekarang, karena belum ada produk baru, diupayakan produksi masih berjalan baik. Jika permintaan kurang kita harus atur stoknya supaya efisien. Bila ada yang harus disesuaikan (model yang dikorbankan untuk produksi Brio-Red), mungkin BR-V. Karena CR-V sudah kami turunkan sejak Januari-Februari ini," kata Jonfis.

BR-V baru sendiri diluncurkan pertama kali pada hari pertama perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2019. Berbagai perubahan dilakukan terutama pada sektor tampilan dan kenyamanannya.

Desain baru pada eksterior New Honda BR-V menampilkan New Black Front Grille Design. New Front Bumper Design dan New Front Under Spoiler pada bagian depan. Pun sudah ditempatkan pada New LED Daytime Running Light dan New Fog Lamp Gamish memberikan penerangan maksimal sekaligus menambah kesan mewah pada wajah New Honda BR-V.



Pada bagian samping kesan SUV yang tangguh semakin kental dengan tambahan New Black Side Under Spoiler dan New 16" Alloy Wheels Design. Akses masuk ke dalam New Honda BR-V juga semakin mudah dengan Smart Entry System untuk membuka atau mengunci kendaraan secara otomatis hanya dengan menekan tombol pada gagang pintu.

Desain baru pada New Honda BR-V juga tampak pada bagian belakang dengan perubahan desain bumper belakang dan penambahan Rear Under Spoiler.

Di dalam kabin, New Honda BR-V tampil semakin premium dan nyaman dengan desain interior dan berbagai penambahan fitur. Balutan kulit kini hadir pada bangku, roda kemudi tuas transmisi dan sandaran tangan di pintu.

Fitur baru One Push Ignition System memberikan kemudahan menyalakan mesin hanya dengan satu sentuhan jari. Sementara itu, kenyamanan di dalam kabin ditambah dengan head unit baru 8" Floating Capacitive Touchscreen Display Audio.

Dari sisi dapur pacu, mobil masih menggunakan mesin yang sama. Tersedia dalam 4 varian BR-V dibanderol mulai Rp 238 jutaan yang terdiri varian Prestige CVT Rp 279. 500.000, Tipe E bertransmisi manual Rp 252.500.000, dan CVT Rp 262.500.000, serta Tipe S transmisi manual Rp 238 Juta.

"BR-V sendiri bukan merupakan model baru. Namun dengan perubahan di eksterior dan interior yang membuat mobil tampak lebih gagah, kokoh, dan kuat, kami ingin menjaga konsumen setia kami," ucap Jonfis. (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com