Selasa, 30 Apr 2019 20:07 WIB

Durian Runtuh Itu Bernama Nissan Livina

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Nissan Livina di IIMS 2019 Foto: Pradita Utama Nissan Livina di IIMS 2019 Foto: Pradita Utama
Jakarta - Ibarat mendapatkan durian runtuh. Itulah yang terjadi pada Nissan di Indonesia setelah mereka meluncurkan mobil Nissan Livina model 2019. Model terbaru yang mengambil basis Mitsubishi Xpander.

Livina begitu mengangkat moral Nissan dan para karyawannya, termasuk para tenaga penjual atau sales. Ada dari mereka yang mengaku baru kembali bisa menjual mobil setelah Nissan menjual Livina model baru.



Dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pun terlihat. Nissan sepanjang bulan Maret lalu menjual 3.172 unit, mayoritas sekitar 2.000 unit adalah mobil Nissan Livina.

Bagaimana tidak mendapatkan durian runtuh, bayangkan saja dalam setahun terakhir, periode April 2018-Februari 2019, penjualan bulanan Nissan selalu di bawah angka 1.000 unit. Maksimal hanya 819 unit saja. Bahkan pada bulan Agustus 2018, Nissan hanya sanggup menyuplai mobil 85 unit saja. Total tahun 2018 lalu Nissan menjual 6.885 unit, angka itu jauh dari tahun 2017 yang mencapai 14.488 unit. Tahun 2016 Nissan masih sanggup menjual 13.153 unit.

Karena itulah Nissan pun berharap cukup banyak tahun ini. Nissan ingin kembali fokus menggarap pasar MPV yang selama ini mereka 'tinggalkan'. Dua produk sekaligus diluncurkan di awal tahun, yakni Livina dan Serena.



Layanan purnajual pun diperbaiki dengan memperkenalkan layanan baru Nissan Care yang memberikan paket 50 ribu km/4 tahun gratis suku cadang mulai Februari 2019.


Nissan LivinaNissan Livina Foto: Pradita Utama

Tidak seperti Xpander, All New Livina menggabungkan karakter desain Nissan yang unik dan kenyamanan yang ada pada produk Livina. Gril V-Motion dan lampu depan LED berbentuk bumerang merupakan desain khas Nissan. Interior mewah menampilkan kursi berbalut kulit premium yang membuatnya berbeda dengan mobil lain di segmennya.

Nissan LivinaNissan Livina Foto: Pradita Utama


MPV ini menawarkan konektivitas telepon pintar yang pertama di segmennya dan navigasi untuk mendukung kenyamanan berkendara setiap hari, sekaligus memberikan hiburan. Kendaraan ini dilengkapi dengan Hill Start Assist, Vehicle Dynamic Control dan Traction Control yang meningkatkan rasa percaya diri saat berkendara.


(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com