Minggu, 28 Apr 2019 08:24 WIB

Mobil dan Motor Nekat Terobos Banjir di Bengkulu

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Luthfi Anshori Foto: Luthfi Anshori
Bengkulu - Tidak hanya terjadi di Jakarta, banjir besar juga terjadi di Pulau Sumatera, tepatnya di Kota Bengkulu. Kemarin, Sabtu (27/4/2019) detikcom bersama tim dari Ekspedisi Terios 7 Wonders melewati salah satu banjir di Kelurahan Rawa Makmur.

"Banjir terjadi sejak Jumat sore kemarin (26/4/2019)," kata salah seorang warga lokal, Deki, yang juga menjadi driver di mobil yang ditumpangi detikcom bersama dua jurnalis lain.



Selain dari hujan, penyebab banjir juga ditengarai akibat dari pasang air laut. Sebab genangan air di Kelurahan Rawa Makmur, berbau asin mirip air laut.

Pantauan detikcom, debit air sendiri cukup tinggi. Knalpot motor bahkan sampai terendam penuh. Meski demikian, banyak pengendara yang berani mengambil risiko dengan melewati genangan air tersebut.



Tak hanya motor, beberapa mobil berjenis MPV hingga SUV pun cukup percaya diri melintasi genangan air yang cukup tinggi.

Misalnya seperti Daihatsu All New Terios yang kami tumpangi, masih bisa melewati genangan air tersebut dengan aman dan lancar. Dengan ground clearance Terios yang mencapai 220 mm, air hanya bisa merendam setengah bagian ban. Jadi area mesin maupun saluran udara masih bebas dari ancaman air.

Meski banyak kendaraan yang bisa lolos dari genangan air, tetap saja banjir di Kelurahan Rawa Makmur membuat kondisi lalu lintas sekitar macet, karena banyak kendaraan berjalan pelan. Bahkan ada juga yang tidak berani menerobos banjir, akhirnya menepikan kendaraan atau malah putar balik. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com