Selasa, 23 Apr 2019 10:47 WIB

Confero Pakai Transmisi Kayak Motor Bebek, Wuling Tetap Yakin

Ruly Kurniawan - detikOto
Wuling Confero S ACT Tanpa Pedal Kopling. Foto: Ruly Kurniawan/detikcom
Bogor - Alih-alih menghadirkan kenyamanan dan keamanan berkendara, Wuling Motors Indonesia menyematkan mobil terlarisnya, Confero, dengan sistem transmisi E-Clutch. Walau masih menggunakan sistem transmisi manual, mobil itu sudah tak lagi memiliki pedal kopling. Sehingga disebut mobil manual sensasi matik. Ya sensasinya seperti mengendarai motor bebek deh.

Alasan Wuling Indonesia tak langsung melompat ke transmisi matik pada Wuling Confero adalah tidak sedianya gearbox tersebut di China (pemasok mesin dan transmisi mobil Wuling untuk Indonesia) dan tingginya peminat mobil manual. Mengingat sistem transmisi E-Clutch masih baru di Indonesia, seberapa yakin Wuling Motors Indonesia?



Menjawab hal ini, Brand Manager Wuling Motors Indonesia, Dian Asmahani cukup yakin. Dinyatakan, pihaknya akan terus memantau setiap pergerakan kebutuhan dan feedback dari pemakai mobil Wuling Confero.

"Ya menurut saya, kuncinya satu, dicoba dulu. Kalau kami sih cukup confident dengan e-clutch yang dibawa karena menawarkan kemudahan, efektif, dan efisien. Sekali lagi, driving is believing," jelasnya di sela-sela Media Test Drive, Sirkuit International Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (22/4/2019).

"Konsumen akan merasakan sensasi berkendara yang baru dengan sistem transmisi di Confero S ACT ini. Benar-benar berbeda, mobil manual sensasi matik," lanjut Dian.

Transmisi E-Clutch sendiri disebut suatu sistem pada mobil manual baru yang memudahkan pengoperasian kendaraan dengan cara menggantikan pedal kopling ke suatu sistem. Sehingga, pengendara bisa langsung mengganti gigi tanpa menginjak pedal kopling.

Dengannya, masalah yang sering terjadi pada mobil manual seperti penggunaan kopling setengah (yang pada akhirnya berdampak pada umur kopling) sampai kejut ketika pergantian gigi, tak lagi ditemukan.

"Pengoperasiannya jadi lebih mudah. Perpindahan gigi tak lagi menekan kopling, karena sudah digantikan oleh sistem. Jadi pada kecepatan tertentu tinggal mainkan tuas transmisi saja. Ya, seperti motor bebek saja," ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors Indonesia.


Saksikan juga video 'Wuling Confero S ACT, Transmisi Manual Tanpa Pedal Kopling':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com