Sabtu, 13 Apr 2019 18:09 WIB

Penguasa Mobil Listrik Dunia Siapa Ya?

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Pabrikan mobil berlomba-lomba membuat kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Aturan emisi yang kian ketat di negara Eropa dan belahan dunia lainnya, memaksa produsen untuk memperbanyak mobil listrik.

Dari sekian banyak merek di dunia yang memproduksi mobil listrik mana yang paling diterima masyarakat dunia?

Berdasarkan data dari IHS Markit selama setahun terakhir, pendaftaran mobil listrik baru terbanyak di dunia ada di tangan produsen asal China, BYD. China memang menjadi pasar mobil listrik terbesar di dunia.



BYD memegang 12 persen pangsa pasar mobil listrik dunia, di urutan kedua ada Tesla dengan 11 persen, Beijing Auto 8 persen, BMW 7 persen, Roewe 5 persen, Nissan, Chery masing-masing 4 persen, JAC dan Jiangling EV serta VW masing-masing 3 persen. Sisanya merek lain dengan persentasi di bawah 2,5 persen.



Mobil yang dimasukkan dalam daftar ini adalah mobil listrik murni, mobil listrik dengan penambah daya jelajah, plug in hybrid diesel dan bensin.

IHS Markit mendata pasar mobil listrik di Argentina, Australia, Austria, Belgia, Brasil, Bulgaria, Kanada, Chili, China, Kroasia, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Prancis, Jerman, Yunani, Hong Kong, Hongaria, Islandia, India, Indonesia, Irlandia, Israel, Italia, Jepang, Latvia, Lithuania, Luksemburg, Malaysia, Malta, Polandia, Belanda, Rumania, Rusia, Singapura, Slovakia, Slovenia, Afrika Selatan, Korea Selatan, Spanyol, Swedia, Swiss, Taiwan, Thailand, Turki, Inggris, Amerika Serikat dan Venezuela.

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com