Kamis, 14 Mar 2019 11:06 WIB

Pesanan Avanza Baru Tembus 18.000 Unit

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor Toyota Avanza. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta - Toyota New Avanza hadir sebagai respons dari semakin banyaknya jenis mobil di segmen low MPV. Setelah diperkenalkan pada 15 Januari lalu, PT Toyota-Astra Motor mengklaim Avanza sudah dipesan lebih dari 18.000 unit.

Dijelaskan oleh Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Franciscus Soerjopranoto, data Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) New Avanza dan Veloz sudah mencapai angka 18.300 unit.



"Sejumlah pembaruan yang kami hadirkan di New Avanza dan Veloz dapat sambutan antusias dari pelanggan. Seperti terlihat di angka SPK sudah tembus 18.000 selama dua bulan sejak diluncurkan pada Januari lalu," kata Soerjo, di Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Meski sudah mendapat jumlah pesanan Avanza sebanyak itu, Soerjo mengaku wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) belum bisa mencapai target. Untuk diketahui, di bulan Januari, Avanza terkirim 5.568 unit, dan di bulan Februari terkirim 5.700 unit.

"Kami mintanya 8.000 sampai 9.000 unit (per bulan). Kami sudah menargetkan wholesales di angka segitu. Suplai kami dapat 5.000-an. Mau nggak mau harus catch-up di bulan April dan Mei. Tapi kami nggak akan lewatkan momentum lebaran," lanjut Soerjo.



Untuk memenuhi target tersebut, Soerjo mengatakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku pihak yang memproduksi Avanza sudah berjanji akan menyuplai Avanza lebih banyak.

"Jadi outstanding (pemesanan Avanza) 18.000-an unit, kami punya opportunity untuk suplai lebih banyak. ADM juga punya komitmen untuk tambah (produksi Avanza). Baik itu dengan cara produksi overtime, holiday day, shift-nya dari 2 jadi 4 gitu. Dia punya produksi naik itu otomatis kami bisa penuhin standing dan nggak akan jadi stop. Jadi mudah-mudahan masih terus leading. Di tahun lalu masih tetap Avanza kok," pungkas Soerjo. (lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed