Selasa, 12 Feb 2019 20:41 WIB

Nissan Livina Bakal Gendong Mesin Xpander, Berapa Tenaganya?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Internet/Istimewa Foto: Internet/Istimewa
Jakarta - Sebagai salah satu hasil aliansi Nissan-Renault-Mitsubishi, Nissan sudah memastikan bakal menggendong mesin Xpander pada MPV terbarunya yang disebut-sebut hadir dengan nama Livina.

Hal itu sudah diutarakan oleh orang nomor satu Mitsubishi Osamu Masuko. Masuko beberapa waktu lalu menyebut, mesin yang sama persis dengan Xpander bakal diusung pada Livina. Produksinya pun tak lagi dilakukan di pabrik Mitsubishi, melainkan Nissan.


"Jadi nanti kita beli mesin dari pabrik Nissan, Nissan yang produksi, kemudian akan dipasok ke Mitsubishi Xpander," jelas Masuko beberapa waktu lalu.

Nissan sebelumnya pada Grand Livina menyematkan mesin HR15DE dengan Dual Injector dan Twin VTC (Intake dan Exhaust). Mesin tersebut dikawinkan dengan transmisi Xtronic CVT Nissan. Berkat mesin HR15DE Grand Livina bisa menghasilkan tenaga setara 107 daya kuda pada rpm 5.600.

Sementara Xpander mengusung mesin 4A91 1.5L MIVEC DOHC 16-Valve. Tenaga yang disemburkan mesin tersebut beda tipis dengan Grand Livina yakni 102 daya kuda pada rpm 6.000.


Transmisinya pun berbeda, versi manual empat percepatan sedangkan versi otomatisnya lima percepatan. Patut ditunggu nih Otolovers, mesin seperti apa yang bakal dilahirkan. Jika menyematkan mesin Xpander, apakah Nissan rela menghilangkan ciri khas transmisi CVT pada mobil matiknya mengikuti sang kembaran?

Atau keduanya bakal mengembangkan mesin baru yang nantinya disematkan pada Livina maupun Xpander? Tunggu jawabannya saat Nissan meluncurkan Livina dalam waktu dekat ya! (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed