ADVERTISEMENT
Selasa, 12 Feb 2019 13:13 WIB

Kolaborasi Xpander-Livina, Mampukah Runtuhkan Avanza-Xenia?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Internet/Istimewa Foto: Internet/Istimewa
Jakarta - Nissan dikabarkan akan mengeluarkan MPV Livina terbaru. Kabar yang beredar, Nissan Livina akan menjadi kembaran Mitsubishi Xpander.

Hal ini menyusul kolaborasi Mitsubishi yang sudah masuk aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi. Kehadiran Livina rasa Xpander ini akan menantang si kembar Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang sudah belasan tahun mewarnai jalanan Indonesia.

Kehadiran Mitsubishi Xpander beberapa waktu lalu sempat mengancam dominasi Toyota Avanza. Penjualan Xpander beberapa bulan awal 2018 sukses mengungguli Avanza yang sudah mendominasi penjualan mobil Indonesia bertahun-tahun.



Namun, dominasi Avanza tetap kuat meski diterjang pendatang baru. Hal itu bisa dilihat dari data penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke diler) yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) tahun 2018.

Di segmen low MPV, Avanza masih menjadi raja dengan 82.167 unit terjual di Indonesia. Disusul Xpander yang terjual 75.075 unit. Sementara kembaran Avanza, Daihatsu Xenia terjual 29.521 unit.

Bagaimana dengan Nissan Grand Livina? Mobil itu memang sudah lama tidak mendapat penyegaran dari Nissan. Penjualannya pun terbilang sedikit jika dibanding pesaingnya di kelas yang sama.



Penjualan Nissan Grand Livina menurut data Gaikindo tidak sebesar pesaingnya yang mencapai puluhan ribu unit. Selama 2018, Nissan hanya melepas 2.437 unit Grand Livina.

MPV Nissan Livina berbasis Xpander diharapkan bisa mengikuti jejak sang saudara Mitsubishi Xpander. Mitsubishi merupakan pemain baru pada segmen Low MPV yang dalam setahun penjualannya bisa membayangi MPV terlaris Toyota Avanza. Padahal belum ada MPV baru yang bisa menyaingi Avanza sekalipun harganya lebih murah.

Jika dilihat secara kolaborasi, dua mobil Toyota Avanza-Daihatsu Xenia terjual sebanyak 111.688 unit selama 2018. Mampukah kolaborasi Mitsubishi Xpander dan Nissan Livina meruntuhkan dominasi Avanza-Xenia?

Kita bisa lihat pembuktiannya setelah Livina terbaru resmi diluncurkan. Kabar yang beredar, PT Nissan Motor Indonesia bakal meluncurkan Livina pada Februari ini. Artinya, dalam waktu dekat mobil itu bisa dilihat langsung secara resmi. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com