Rabu, 23 Jan 2019 10:32 WIB

Tanpa Asuransi Jiwa di Negara Ini Haram Mengemudi

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi mengemudi. Foto: iStock / Rocketnews Ilustrasi mengemudi. Foto: iStock / Rocketnews
Jakarta - Asuransi jiwa menjadi hal yang wajib dimiliki oleh pengendara di Skotlandia. Untuk mendorong pertumbuhan warganya sadar pentingnya asuransi, Kepolisian Skotlandia menggelar razia yang berlangsung sepekan, dari tanggal 21-27 Januari 2019.

Menurut laporan Motor Insurers Bureau (MIB) yang bekerja sama dengan Kepolisian Skotlandia, diperkirakan sebanyak 40 ribu pengemudi di Skotlandia tidak memiliki asuransi. Bukti juga menunjukkan bahwa pengemudi yang tidak diasuransikan sering terlibat dalam berbagai kegiatan kriminal.

MIB melaporkan, sejumlah kasus besar melibatkan pengemudi yang tidak diasuransikan seperti berkendara tanpa SIM yang sah atau menggunakan kendaraan curian.



"Seorang pengemudi tanpa asuransi yang valid tidak memiliki hak hukum untuk berada di jalan dan menghapusnya (menindak) tidak diragukan lagi membuat jalan lebih aman," ucap Kepala Penegakan MIB, Neil Drane.

Diperkirakan sekitar 130 orang meninggal dan 26.000 mengalami luka-luka akibat tabrak lari oleh pengemudi yang tidak dilengkapi asuransi.

"Selama kampanye ini kami akan meningkatkan fokus kami, untuk tidak hanya mendeteksi, tetapi mudah-mudahan menghalangi pengendara dari mengemudi tanpa asuransi," ujar Wakil Kepala Kepolisian Lalu lintas Scotlandia, Louise Blakelock.



Tindakan tegas juga diberlakukan Kepolisian Skotlandia bagi pengemudi yang tidak memenuhi aturan.

"Undang-undang ada di sana untuk melindungi semua pengguna jalan dan jika kendaraan dikendarai tanpa polis asuransi yang berlaku, sama dengan pelanggaran lalu lintas jalan lainnya, ada risiko keselamatan, selain itu denda minimum untuk pelanggaran asuransi adalah 300 poundsterling, dan enam poin pinalti untuk mereka," tambahnya.

Pada tahun 2018, MIB menerima lebih dari 10.000 kasus dari pihak kepolisian mempertanyakan terkait status asuransi pengemudi yang tidak jelas. Hal ini juga berdampak pada penyitaan ribuan kendaraan.



Simak juga video 'Jika Boeing Digugat, Asuransi Korban Lion Air Tak Bakal Cair?':

[Gambas:Video 20detik]

(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com