ADVERTISEMENT
Kamis, 17 Jan 2019 21:24 WIB

Adu Fitur Keselamatan New Avanza Vs Xpander

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Veloz 1.5 A/T. Foto: Ari Saputra Veloz 1.5 A/T. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Toyota Avanza baru saja mendapat penyegaran. PT Toyota-Astra Motor (TAM) telah meluncurkan New Avanza dan New Veloz. Namun, kedua mobil itu hanya mendapat pembaruan minor.

Hadirnya Avanza baru ini tentu bakal membuat persaingan mobil MPV semakin ketat. Bagaimana tidak, sepanjang 2018 penjualan Avanza terus ditempel Mitsubishi Xpander.

Xpander merupakan mobil MPV yang menjadi pendatang baru. Mobil itu dirilis pada 2017 lalu. Tak cuma merek, desain eksterior, dan pilihan mesin, fitur keselamatan menjadi poin penting yang menjadi pertimbangan calon pembeli mobil.



Antara Avanza dan Xpander, mobil mana yang lebih unggul dari segi fitur keselamatan? Mari kita bandingkan dari spesifikasi di atas kertas. Agar lebih fair, komparasi ini dilakukan dengan membandingkan Xpander tipe tertinggi (Ultimate) dengan New Veloz yang juga menjadi varian termahalnya.

Mitsubishi Xpander. Mitsubishi Xpander. Foto: Muhammad Ridho


Mulai dari Veloz. New Veloz yang baru diluncurkan beberapa hari lalu itu memiliki fitur keselamatan berupa Dual SRS airbags, seatbelt with pretensioner & force limiter, ABS (Anti-lock Braking Syetem), ISOFIX, Side Impact Beam, 3-points seatbelt, hingaa pengingat penggunaan sabuk pengaman untuk penumpang depan.



Bagaimana dengan Xpander? Tampaknya Mitsubishi Xpander punya fitur keselamatan yang lebih lengkap. Mobil ini memiliki Hill Start Assist (HSA) untuk membantu pengemudi saat berhenti di tanjakan, pedestrian protection, Active Stability Control (ASC) untuk mengontrol stabilitas mobil di jalanan licin, Dual SRS airbags, Emergency Stop Signal di mana saat rem mendadak lampu hazard otomatis menyala, cruise control, Reinforced Impact Safety Evolution Body, dan ABS.

Adapun fitur yang ada di Xpander tapi tak dimiliki Avanza maupun Veloz antara lain Hill Start Assist (HSA), Active Stability Control (ASC) atau Vehicle Stability Control (VSC) dan cruise control.

Makanya, Xpander tipe Ultimate sebagai tipe tertinggi dibanderol lebih mahal daripada Veloz 1.5 A/T yang juga menjadi tipe tertinggi. Sebagai pembanding, Veloz 1.5 A/T dijual Rp 239.450.000. Sedangkan Xpander Ultimate A/T harganya Rp 258.900.000. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com