Jumat, 07 Des 2018 11:25 WIB

Intip Ketangguhan Dul dan Hino, Si Tukang Bersih-bersih Jalan

Ridwan Arifin - detikOto
Truk pembersih jalan. Foto: Ridwan Arifin Truk pembersih jalan. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui memiliki kendaraan penyapu jalan atau road sweeper untuk membersihkan jalan-jalan protokol dan nasional di lima wilayah Ibu Kota. Dua kendaraan tempur milik Dinas Lingkungan Hidup tersebut, saat ini menggunakan dua merk, yakni Dulevo dan Hino-Cheksan.

"Road Sweeper ada dua jenis yang kita pakai, Compact Sweeper dan Mounted Sweeper. Compat Sweeper itu CBU yang berjenis Dulevo 6000 dan 3000, sedangkan Mounted Sweeper itu chassis dari lokal Hino tapi Hoper dari Turki merk Ceksan (Hino-Ceksan)," ungkap Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta Hari Nugroho kepada detikOto.


Memang road sweeper tidak nampak di siang hari, soalnya truk penyapu jalan ini hanya beroperasi pada malam saja, sedari pukul 00.00 hingga 05.00 WIB. Untuk kedua merk truk tersebut memiliki perbedaan dari sistem kerja.

Lebih lanjut kata Hari, kapasitas daya tampung sampah untuk Dulevo 6000 bisa mencapai 6,2 kubik, sedangkan Dulevo 3000 bisa menampung 2,5 sampai 3 kubik.

"Dulevo merupakan compact sweeper yang menggunakan sistem 70 persen mechanical sweeper, dan 30 persen vacuum sweeper," ungkap Hari.

"Untuk Hino-Ceksan 100 persen vacuum, daya tampung sampah ukuran kendaraan besar 6 kubik, sedangkan yang kecil kapasitasnya sekitar 3 sampai 3,5 kubik," terang Hari.

Sementara laju kendaraan penyapu jalan, Dinas Lingkungan Hidup membatasinya dari 10 km/jam sampai 15 km/jam dengan kecepatan rata-rata 12,5 km/jam. Sebenarnya truk tersebut mampu digeber dengan kecepatan maksimal hingga 40 km/jam.

"Road sweeper itu tidak bisa ngebut, harus dibatasi dengan km/jam," ungkap Hari.


Dalam rentang waktu kerja dari pukul 00.00 hingga 05.00 WIB, road sweeper tersebut mampu melahap rata-rata 62,5 km. Namun kedua jenis truk tersebut, Hari menambahkan bahwa setiap jenis road sweeper memiliki kelebihan masing-masing.

"Yang Dulevo itu mechanical confeor bisa mempercepat penyapuan selain menyedot ne, sedangkan Ceksan disamping membersihkan juga bisa menghabiskan genangan air yang dikit-dikit," ungkap Hari.



Tonton juga ' Dunia Malam Penyapu Jalanan ':

[Gambas:Video 20detik]



Intip Ketangguhan Dul dan Hino, Si Tukang Bersih-bersih Jalan
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed