Jumat, 30 Nov 2018 12:15 WIB

Honda Luncurkan Civic Terbaru, Apa yang Berubah?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Honda Foto: Honda
Bangkok - Honda baru saja merilis Civic terbarunya di Thailand setelah beberapa bulan menjalani debut global di Amerika Serikat. Di samping tampilan eksterior yang berubah, Honda juga menambah varian terbaru dalam deretan model Civic.

Dalam laman resminya, ada empat model Civic yang dijual di Thailand. Keempat model itu adalah 1.8 E, 1.8 EL, 1.5 Turbo, dan 1.5 Turbo RS. Harganya pun bervariasi mulai dari 874.000 baht atau setara dengan Rp 381 juta hingga yang termahal 1.219.000 baht yang kalau dirupiahkan Rp 531,5 juta.


Buat Otolovers yang hobi menyetir manual tampaknya mobil ini tak bisa menjadi pilihan. Honda hanya memiliki transmisi otomatis pada seluruh model Civic 1.8 E, 1.8 EL, 1.5 Turbo, dan 1.5 Turbo RS. Varian mesin 1.8 L dipercaya mampu menyemburkan tenaga 141 daya kuda pada rpm 6.500 dan torsi 174 Nm pada rpm 4.300 sedangkan 1.5 Turbo VTEC tenaganya lebih besar yaitu 173 daya kuda pada rpm 5.500 serta torsi 220 Nm pada rpm 1.700 hingga 5.500.

Ubahan eksterior terlihat pada bemper depan yang tampil lebih sporty. Sayap di grille depan dipercantik dengan warna krom atau hitam tergantung dari variannya.

Sedangkan di bagian belakang, lapisan krom membentang di bagian bemper bawah. Honda juga mengenalkan ban terbaru yang terpasang pada VTEC Turbo dengan ukuran 17 inchi. Sedangkan sisanya masih menggunakan ban 16 inchi.


Bicara fitur, Civic terbaru sudah tersemat Honda Sensing suite of safety and driver assist system seperti Collision Mitigation Braking System, Adaptive Cruise Control with Low-Speed Follow, Lane Keep Assist System, Road Departure Mitigation System with Lane Departure Warning dan Auto High Beam yang hanya terdapat pada varian 1.5 Turbo RS.

Tapi jangan khawatir, pada varian lain juga tersemat fitur canggih seperti VSA, ABS, EBD, ESS, kamera belakang, empat airbag. Varian 1.8 EL dan 1.5 Turbo RS mendapat tambahan 2 airbag juga fitur LaneWatch camera system yang terpasang di spion samping.

Layar multimedia berukuran 7 inchi terpasang di bagian tengah mobil. Hanya varian 1.8 E saja layarnya berukuran 5 inchi.


Selain model 1.8 E kursi sopir bisa diatur delapan pilihan sesuai dengan keinginan, empat pilihan posisi duduk penumpang untuk model Turbo dan Turbo RS, dan jok kulit (selain varian 1.8 E).

Ada lima pilihan warna yang bisa dipilih oleh konsumen mulai dari Brilliant Sporty Blue Metallic, Platinum White Pearl, Lunar Silver Metallic, Modern Steel Metallic, dan Crystal Black Pearl. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com