Rabu, 28 Nov 2018 18:00 WIB

Bukan di Indonesia, BMW Pilih Thailand untuk Produksi Baterai

Rangga Rahadiansyah - detikOto
BMW Group Thailand Siap Produksi Baterai Mobil Listrik. Foto: Dok. BMW BMW Group Thailand Siap Produksi Baterai Mobil Listrik. Foto: Dok. BMW
Bangkok - [Gambas:Video 20detik]



Thailand tampaknya selangkah lebih maju soal kendaraan ramah lingkungan. BMW Thailand akan memproduksi baterai mobil listrik. BMW Group Thailand menetapkan tujuan masa depan mobilitas elektrik dengan memproduksi baterai tegangan tinggi.

Dalam siaran persnya disebutkan, BMW Group Thailand mulai memproduksi modul baterai dan baterai mobil listrik mulai 2019. Pabrik baterai BMW di sana berdiri di WHA Chonburi Industrial Estate 2.



BMW tak sendirian menggarap baterai mobil listrik di Thailand. BMW Group Manufacturing Thailand berkolaborasi dengan Dräxlmaier Group, salah satu pemasok otomotif terkemuka di dunia.

"Kami sangat bersemangat untuk mengambil langkah besar ke depan dalam strategi elektro-mobilitas kami. Dimulainya produksi baterai lokal akan memungkinkan kami untuk menanggapi lebih baik tuntutan kendaraan listrik di seluruh pasar ASEAN. Selain itu, kemampuan baru ini menambah kekuatan Plant Rayong yang telah berfungsi sebagai pusat produksi otomotif di kawasan ini. Dengan empat model plug-in hybrid BMW yang sudah diluncurkan dari lini perakitan kami di Plant Rayong, produksi baterai lokal pasti akan melengkapi produksi plug-in hybrid kami," kata Presiden BMW Group Thailand, Christian Wiedmann.

Bersamaan dengan motor penggerak listrik, baterai bervoltase tinggi merupakan elemen sentral dari kendaraan elektrifikasi. Komponen yang sangat canggih ini membutuhkan keahlian khusus untuk diproduksi.Untuk memperkuat fondasi untuk pekerjaan perakitan berteknologi tinggi, BMW Group Manufacturing Thailand dan Dräxlmaier Group terlibat dalam kerja sama intensif untuk membawa keahlian canggih ini ke Thailand.



Sejak September 2018, staf Dräxlmaier Group dilatih memproduksi baterai di BMW Group Plant Dingolfing. Pelatihan juga fokus untuk mendukung proses yang serba-otomatis yang merupakan bagian penting dari produksi modul baterai.

"Untuk memastikan bahwa proses produksi sejalan dengan standar kualitas BMW Group, para ahli dari BMW Group Munich terlibat. Bersama-sama, BMW Group dan Dräxlmaier berencana untuk berinvestasi lebih dari 400 juta baht untuk membangun inovasi mobilitas elektrik di Thailand dan di kawasan (ASEAN). Bagi BMW Group Thailand, kami telah merencanakan dan menyetujui untuk insentif pemerintah oleh Dewan Investasi Thailand (BoI) untuk lebih berinvestasi lebih dari 700 juta baht untuk lebih banyak model BMW Plug-in Hybrid yang akan datang," kata Wiedmann.

Baterai yang diproduksi di sana akan diangkut ke Plant Rayong untuk dipasang di kendaraan plug-in hybrid BMW Seri 5, BMW Seri 7, dan BMW X5. Fase pertama akan dimulai 2019.

Video BMW i8 Roadster

[Gambas:Video 20detik] (rgr/ddn)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed