Jumat, 09 Nov 2018 14:55 WIB

Mobil Listrik Reli Dakar Buatan Mahasiswa Tiba di Jakarta

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Mobil listrik garapan mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya dan Universitas Budi Luhur, BLITS dan Kasuari tiba di Jakarta.

Mobil yang akan mengikuti reli Dakar itu langsung menuju ke PLN UID Jakarta Raya untuk pengisian ulang baterai di SPLU agar dapat melakukan perjalanan kembali keliling nusantara dengan jarak 15.000 km.

"PLN mendukung penuh pengembangan mobil listrik di Indonesia. Salah satunya yaitu melalui BLITS hasil karya rekan2 dari ITS. PLN juga telah menyediakan SPLU untuk charging station sebagai bentuk dukungan kesiapan menyongsong era kendaraan listrik," ungkap Direktur PLN Regional Jawa bagian Barat, Haryanto WS.



BLITS khususnya dipersiapkan untuk dipersiapkan untuk mengikuti Reli Dakar dalam kurun waktu 7-8 bulan. BLITS merupakan mobil listrik yang secara khusus didesain untuk balap dengan kapasitas dua orang dengan daya tempuh mencapai 500 kilometer dalam sekali pengisian daya baterai 100 kWh dengan menggunakan motor berkapasitas energi 50 kiloWatt.

Mobil ini kata Project Leader BLITS, Yoga Uta Nugraha sanggup menempuh jarak 300 km dalam sekali pengecasan. Namun untuk hasil bisa dilihat usai uji coba selesai dilakukan nanti.



"Ya ini sedang dipersiapkan untuk mengikuti reli Dakar tahun 2021, akan menempuh jarak 15.000 km dengan waktu tempuh 100 hari," ujar Uta.

Berikut spesifikasi mobil offroad listrik buatan ITS, BLITS:

100% Electric, Offroad Series, 200 km Range, Made in Indonesia, BLDC Axial 2 x 50 kw, CVT Gearbox, 18650 Li Ion Battery 90 kWh, 350 V, Independent Front & Rear Suspensions. (riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed