Jumat, 09 Nov 2018 08:17 WIB

Mobil China Ini Mirip Pikap Esemka di Boyolali?

Ruly Kurniawan - detikOto
Pikap yang disebut-sebut sebagai Esemka. Foto: Istimewa. Pikap yang disebut-sebut sebagai Esemka. Foto: Istimewa.
Jakarta - Belum resmi meluncur, kabar miring tentang mobil-mobil Esemka makin ramai. Yang paling sering dilontarkan adalah bahwa Esemka bukan mobil rakitan Indonesia murni melainkan rebranding mobil China.

Hal itu mencuat setelah sebuah mobil SUV tertangkap kamera sedang diangkut di atas truk pada awal 2018. Bertuliskan 'Esemka' di sebelah kiri dan 'Garuda 1' di kanan, banyak menyebut bahwa inilah mobil Esemka yang telah lama dinanti warga Indonesia. Tak berselang lama, jagat sosial media ramai membanding-bandingkan Esemka dengan mobil keluaran China, Foday.

Pun begitu dengan mobil pikap yang dinamakan Bima. Banyak pihak yang menyatakan mobil sangat mirip dengan pikap asal China, Changan, dengan modelnya Star Truck.


Kali ini, lagi-lagi mobil Esemka dibanding-bandingkan dengan produsen otomotif China lainnya yakni Brilliance Shineray Chongqing Automobile sebagaimana diposting jove.ananda di Instagramnya.

[Gambas:Instagram]


Disana terlihat mobil pikap berkelir putih dengan logo Esemka ditengahnya sedang melaju. Lalu di foto selanjutnya, pemilik Instagram tersebut menampilkan salah satu varian pikap milik Brilliance yakni T30 dan begitu nampak percis.


Mulai dari headlamp, grill, bumper, sampai bak dibelakangnya. Hanya saja milik Esemka tidak ada corak merah putih di bagian bak bawah sebagaimana T30.

Bagaimana menurut Otolovers?

Shineray Auto Brilliance T30Brilliance Shineray Chongqing Automobile T30, Foto: Shineray Auto
(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed