Jumat, 12 Okt 2018 18:35 WIB

Berani Kotor dengan Indonesia Offroad Federation

Rizki Pratama - detikOto
Indonesia Offroad Federation. Foto: Rizki Pratama Indonesia Offroad Federation. Foto: Rizki Pratama
Bogor - Indonesia Off-Road Federation (IOF) adalah sebuah organisasi di Indonesia yang mewadahi para penggemar kegiatan off-road, kompetisi, rekreasi dan sosial kemasyarakatan. IOF didirikan pada tahun 1999 di Jakarta. Sampai saat ini IOF telah memiliki Komisariat Daerah di 34 provinsi di Indonesia.

"Sekarang kami punya member kurang lebih 12 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Setiap daerah ada pengda, di masing masing daerah ada juga pengurus cabang," ujar Ketua Umum IOF Pusat, Askar Kartiwa yang akrab disapa Akay.



Di bidang sosial kemasyarakatan, IOF memiliki sebuah gerakan komunitas bernama IOF Peduli. IOF Peduli berpartisipasi aktif memberikan bantuan transportasi logistik dan pertolongan di daerah-daerah yang terkena bencana alam seperti tsunami di Aceh, gempa bumi di DI Yogyakarta dan Jawa Tengah, tsunami di Pangandaran serta tanah longsor di Sumatera Utara dan terakhir turut serta membantu saudara kita yang tertimpa musibah di Lombok dan Palu.

Di bidang kompetisi off-road, beberapa cabang kegiatan off-road yang telah diatur oleh IOF adalah: Racing Off-Road, Mud Racing, Rock Crawling, Gilas Mobil dan Adventure Off-Road. Meskipun untuk kejurnas IOF vakum selama 10 tahun sejak pertama kali digelar pada tahun 2008, Akay mengatakan setiap daerah tetap rutin mengadakan offroad setiap akhir pekan.



"Yang bukan kejurnas setiap tahun di setiap daerah ada, bahkan kadang ada 2 dalam seminggu. Jadi setiap tahunnya dalam setahun lebih dari 52 event diadakan oleh masing masing Pengda," tambah Akay.

Kegiatan off-road kompetisi di Indonesia saat ini dinaungi oleh dua organisasi, yaitu IOF (Indonesia Off-Road Federation) dan IMI (Ikatan Motor Indonesia). Beberapa peraturan pertandingan yang diadopsi oleh IOF diantaranya dari World 4×4 Council, SCORE dan SODA. Sementara peraturan pertandingan yang diadopsi oleh IMI mengacu kepada FIA (Federation Internationale des Automobiles). (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed