Jumat, 12 Okt 2018 16:54 WIB

Ruang Antibegal Taksi Online Terinspirasi dari Bus TransJakarta

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Inovasi Antibegal untuk Pengemudi Taksi Online. Foto: Sena Achari Inovasi Antibegal untuk Pengemudi Taksi Online. Foto: Sena Achari
Jakarta - Dian Herlani, salah satu pengemudi taksi online tak ingin aksi kriminalitas terjadi di mobilnya. Untuk menghindari niat buruk orang lain, Dian membuat pembatas kaca yang memisahkan dirinya dengan penumpang.

Mobil Datsun GO yang dipakainya untuk narik taksi online ini ditambahkan semacam dinding kaca yang memisahkan ruang pengemudi dan ruang untuk penumpang. Jadi, Dian sebagai pengemudi punya ruang khusus yang tak mudah dijangkau oleh penumpangnya.



Dian mengaku memodifikasi interior mobilnya agar tidak terjadi begal atau penodongan terhadap dirinya. Sebab, sudah banyak pengemudi taksi online yang menjadi korban.

Menurut Dian, pembuatan ruang antibegal di dalam mobil ini terinspirasi dari bus TransJakarta. Di beberapa bus TransJakarta, sopirnya memang dipisahkan dengan penumpangnya.

"Kebetulan dulu kan saya sering naik busway. Kalau di busway kan ada penghalang kaca, jadi nggak langsung bisa dijangkau penumpang. Inspirasi dari itu aja sih," kata Dian kepada detikOto, Jumat (12/10/2018).



Ini merupakan inisiatif Dian sendiri. Dia belum mengetahui apakah ada taksi online lain yang menerapkan hal yang sama.

"Dari setiap penumpang yang saya bawa katanya mereka baru pertama ketemu seperti ini. Saya juga nggak tau sih, ini inisiatif sendiri aja. Kan awalnya untuk keselamatan saya sendiri," ujarnya.

"Saya juga ngajakin teman-teman (pengemudi taksi online lain), tapi mereka kebanyakan pada nggak mau, katanya ribet," sebutnya. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed