Jumat, 12 Okt 2018 07:51 WIB

Mobil Kena Recall? Langsung Bawa ke Bengkel

Rizki Pratama - detikOto
Honda Jazz. Foto: Rizki Pratama Honda Jazz. Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Masalah keamanan saat berkendara adalah bagian terpenting. Berbagai fitur keselamatan yang dipasang pada mobil perlu diperhatikan apakah berfungsi dengan baik.

Selain fitur yang ada tentunya kondisi setiap komponen mobil tetap harus terjaga dalam kondisi prima untuk digunakan.


Salah satu layanan purna jual pabrikan kendaraan adalah pemanggilan dan perbaikan kepada unitnya yang sudah berada di tangan konsumen. Biasanya tindakan ini dilakukan karena ada kerusakan yang sudah atau diprediksi akan terjadi demi mengantisipasi kerugian pada pemilik mobil.

Menanggapi hal tersebut sejumlah konsumen menanggapinya dengan serius dan tidak mau menunggu waktu lama untuk segera menyerahkan perbaikan kepada bengkel atau diler yang bertanggung jawab.

"Recall itu dilakukan setelah melakukan pengecekkan, jika ada potensi yang merugikan maka akan segera dilakukan tindakan recall demi kenyamanan konsumen," ujar Wakil Kepala Bengkel Honda Tendean, Maryoni.


Meskipun demikian ada juga konsumen yang enggan membawa mobil mereka ke diler untuk diperbaiki atau mengganti part yang rusak.

"Biasanya alasannya adalah waktu, dan cuma punya satu mobil yang digunakan sehari-hari itu menjadi kendala beberapa mobil yang sudah di recall tidak mengalami penanganan secepatnya sebelum masalah terjadi," tambah Maryoni.

"Mobilnya dipakai terus, buat kerja dan urusan lainnya makanya agak lama dikembalikan ke bengkel, tapi sekarang sudah aman dan untungnya belum ada masalah," ujar Anas yang Honda Jazznya pernah direcall untuk perbaikan masalah airbag.

Seperti diketahui Honda di Indonesia baru saja mengumumkan penarikan terhadap Freed dan Jazz terkait dengan permasalahan inflator airbag. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed