Kamis, 11 Okt 2018 19:57 WIB

Ketika Masa Depan Tidak ada Lagi Lampu Lalu Lintas

Ruly Kurniawan, Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi Foto: Pool (Youtube) Ilustrasi Foto: Pool (Youtube)
Jakarta - Setiap tahunnya pengendara mobil harus menghabiskan rata-rata dua hari untuk menunggu lampu merah berganti menjadi hijau. Hal ini menjadi salah satu faktor mengapa pengemudi mobil khususnya di negara berkembang seperti Indonesia sering mengalami stres saat di jalan.

Seluruh pihak terkait tentu berupaya agar meredam hal tersebut, mulai dari mulai mendorong untuk menggunakan transportasi umum, kendaraan otonom, hingga yang paling ekstrem adalah menghilangkan lampu lalu lintas.

Ide itu diutarakan oleh pabrikan asal Amerika, Ford lewat sebuah video berdurasi pendek, sebagaimana dilansir carscoops (Kamis, 11/10/2018). Cukup radikal memang, tapi Ford menyatakan penghilangan lampu lalu lintas bisa diterapkan di masa depan ketika mobil sudah sepenuhnya terkoneksi.


Ford menyebut teknologi ini Intersection Priority Management (IMP). Bila kendaraan sepenuhnya sudah terkoneksi maka mobil bisa 'berbicara' satu sama lain untuk berkoordinasi dan memutuskan berapa kecepatan yang harus dijaga sehingga tidak saling menabrak. IMP akan berfungsi khususnya pada kendaraan mendekati persimpangan.

Berarti nantinya tidak ada mobil yang harus berhenti sehingga sangat efektif untuk mengurangi waktu di jalanan akibat stop-and-go. Selain itu, Ford juga mengatakan teknologi ini bisa menghemat bahan bakar karena pengemudi tak lagi terjebak di lampu merah.


Pola ini juga menjanjikan untuk meningkatkan keselamatan karena hampir 60 persen kecelakaan terjadi di persimpangan. Teknologi ini juga disebutkan oleh Ford, tidak menutup kemungkinan disematkan pada kendaraan otonom.

Kira-kira bisa diterapkan di Indonesia tidak ya?

[Gambas:Youtube]





Tonton juga 'e-Evolution Concept, Mobil Masa Depan dari Mitsubishi':

[Gambas:Video 20detik]

(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed