Kamis, 27 Sep 2018 09:13 WIB

Konsumen Udah Ngebet Avanza Dibikin Lebih Ganteng

Ruly Kurniawan - detikOto
2 Model berpose dengan Toyota Veloz Foto: Agung Pambudhy 2 Model berpose dengan Toyota Veloz Foto: Agung Pambudhy
Lampung - Tidak seperti pesaingnya yang sudah makin ganteng, tampilan Toyota Avanza masih jadul saja. Sudah banyak desakan pengguna mobil Avanza agar Toyota segera menyegarkan Avanza.

Di area Sumatera sendiri sebagaimana diungkapkan Operation Manager Auto2000 Area Sumatera, Judianto, banyak pemilik Toyota Avanza yang sudah menanyakan perubahan besar dari mobil tersebut.



"Banyak yang sudah tanya-tanya. Konsumen sih mintanya ada perubahan dari segi penampilan, tampangnya," ujar Judianto di sela-sela acara Auto2000 THS Home Service Region Exploration Lampung.

Namun untuk bagian mesin, konsumen pengguna Toyota Avanza tidak terlalu memusingkannya. Mereka sudah cukup puas dengan ketangguhan mesin.

"Kalau untuk mesinnya tidak ada sih, ya. Karena sudah terbukti durabillity-nya," tambahnya.

Menanggapi permintaan masyarakat tersebut, Judianto hanya bisa memberikan penjelasan kepada konsumen. Sembari menunggu, layanan purna jual ntuk pengguna mobil makin ditingkatkan.

"Ya kita menjaganya dengan komunikasi yang lebih intens seperti mengingatkan untuk servis, memberikan diskon, dan lain sebagainya. Karena kalau servisnya susah, tidak nyaman, ya lepas juga," jelas Judianto.



Sebagai informasi, Toyota Avanza di kawasan Sumatera masih menjadi raja jalanan. Kontribusi total mobil sejuta umat tersebut dari seluruh mobil keluarga yang beredar adalah 42,8 persen (gabungan dari provinsi Padang, Medan, Palembang, dan Lampung).

Soal Avanza terbaru ini Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto pernah meminta masyarakat untuk bersabar menanti Avanza baru. "Setiap model pasti ada generasi penerusnya, kami memiliki 24 model kendaraan, bahkan yang baru dirilis seperti Rush kemarin itu sudah dipikirkan penggantinya seperti apa," ujarnya.

Avanza terakhir mengalami perubahan pada 2015 lalu. Sejak kehadirannya pada 2004, Toyota Avanza berhasil menjadi mobil terlaris di Indonesia sehingga menjadi tulang punggung pertumbuhan pasar segmen low MPV.


Infografis AvanzaInfografis Avanza Foto: Mindra Purnomo


Dalam waktu kurang dari 10 tahun, tepatnya pada Maret 2013, angka penjualan Avanza berhasil menempuh angka 1 juta unit, rekor penjualan yang sulit untuk dipecahkan. Kehadiran varian Veloz bagi pelanggan yang berselera sporty sejak 2011 semakin memperkuat posisi Toyota Avanza sehingga total penjualan Avanza saat ini sudah di atas 1,3 juta unit.

Namun sejak keberadaan Mitsubishi Xpander, Toyota Avanza semakin tenggelam, bahkan harus kalah dari saudaranya sendiri yakni Toyota Rush. Avanza menggunakan mesin 1.3 L, yang menghasilkan tenaga maksimum 96,5 PS pada putaran mesin (rpm) 6.000. Sementara untuk mesin 1.5 L meski dalam hal tenaga (power) maksimum tidak ada perubahan yaitu 96,5 PS pada putaran mesin (rpm) 6.000, mesin 2NR mempunyai torsi yang lebih baik karena mampu mencapai puncaknya 13,9 kg.m pada rpm 4.200 dibanding 3SZ yang mencapai torsi maksimum pada rpm 4.400.


Video Avanza untuk berkemah

[Gambas:Video 20detik]




(ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed