Senin, 24 Sep 2018 19:09 WIB

Ini yang Terjadi Bila Electronic Handbrake Ditekan Saat 190 km/jam

Ruly Kurniawan - detikOto
Ilustrasi Foto: Mazda Ilustrasi Foto: Mazda
Jakarta - Teknologi pada mobil sekarang makin canggih mulai dari fitur hiburan, keamanan, sampai performanya. Namun tak sedikit yang merasa kehilangan akan pergantian teknologi tersebut, salah satunya adalah hilangnya tuas handbrake tradisional menjadi electronic handbrake.

Meskipun terbilang sangat kecil, penyematan electronic handbrake disebut mengurangi sensasi berkendara khususnya bagi pengemudi yang suka ngepot-ngepotan. Penasaran dengan stigma tersebut, Top Gear sebagaimana dilansir carscoops melakukan eksperimen yaitu mengaktifkan electronic handbrake saat mobil berada di kecepatan 193 km/jam.


Chris Harris, presenter Top Gear menggunakan mobil terbaru keluaran Jerman, Volkswagen. Tentu, mobil sudah menyematkan electronic handbrake untuk fitur keamanan berkendaranya.

Ketika mobil dibejek sampai 190 km/jam-an seketika Chris menekan electronic handbrake dan yang terjadi adalah mobil dengan segera berhenti secara halus dan sensor warning parking brake aktif. Tak ada aksi ngepot sebagaimana mobil yang masih menggunakan handbrake konvensional.

Selanjutnya Chris melakukan eksperimen kedua yakni mengaktifkan electronic handbrake pada kecepatan yang sama namun menikung (ngedrift). Lagi-lagi mobil seketika mengurangi kecepatan secara halus dan tak ada aksi ngepot yang berarti.


"Oh ini adalah hari-hari saya yang menyedihkan. Saya katakan tidak (untuk electronic handbrake)," ujar Chris.

Otolovers setuju dengan pendapat ini? (ruk/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed