Selasa, 28 Agu 2018 09:48 WIB

Mobil Terganas Dunia, Punya 1.130 Daya Kuda

Ruly Kurniawan - detikOto
Aston Martin Valkyrie. Foto: Aston Martin via Newspress Aston Martin Valkyrie. Foto: Aston Martin via Newspress
Jakarta - Pembuat mesin Aston Martin Valkyrie, Cosworth, sangat antusias dalam mengembangkan mesin V12 6.5-liter. Di salah satu cuitnya beberapa waktu lalu, mereka mengatakan bahwa dengan mesinnya sekarang Aston Martin Valkyrie akan menjadi mobil dengan mesin naturally-aspirated tercepat di dunia dengan 1.130 bhp (brake horse power).

Sayangnya, cuitan Cosworth langsung dihapus. Tapi salah satu akun Road & Track sebagaimana dilansir Carscoops terlebih dahulu mengabadikannya dan menyebarkan ke khalayak ramai akan bocoran besar tersebut.

"Kami terkenal memecahkan rekor dan mesin terbaru kami, Aston Martin Valkyrie 6.5-liter V12 akan menjadi mesin naturally-aspirated terkuat di dunia dengan 1.130 bhp (842 kW/1.145 PS)," tulis Cosworth.



Hal tersebut cukup membuktikan ucapan mereka saat Aston Martin Valkyrie AMR Pro dihadirkan di Geneva Motor Show awal tahun kemarin. Cosworth menyebut mobil bakal memiliki sistem mesin hybrid dan berkekuatan 1.100 bhp. Mesin tersebut akan disematkan pada generasi terbaru Valkyrie yang sedang dikembangkan.



Kekuatan 1.130 bhp di Valkyrie itu tidak didapat dari kemampuan mesin konvensional saja. Hal tersebut bisa dibentuk karena bantuan sistem hibrida. Mesin hanya bisa menyemburkan kekuatan sekitar 1.000 bhp.

Tapi patut digarisbawahi bahwa ujaran Cosworth belum tentu benar. Tapi untuk menjadikan Aston Martin Valkyrie memiliki mesin naturally aspirated terbesar seantero mungkin-mungkin saja. Sebab, beberapa waktu lalu Ferrari 812 Superfast dengan mesin V12 6.5-liter-nya mampu menembus 789 bhp (588 kW/800 PS). (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed