Jumat, 13 Jul 2018 10:05 WIB

Sudah 3 Bulan Kia Tercatat Tak Jual Mobil di Indonesia

Dina Rayanti - detikOto
Kia Sportage. Foto: Dina Rayanti Kia Sportage. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Tidak semua mobil yang dijual di Indonesia diminati oleh masyarakatnya. Beberapa merek harus berjuang agar mereka bisa diterima di Tanah Air. Ada yang berhasil ada pula yang tidak dan harus menyiapkan strategi khusus agar bisa terus bertahan di sini.


Salah satunya adalah merek asal Korea Selatan, Kia. Sepanjang tahun 2018 dari awal tahun hingga bulan Maret, penjualan mobil dari Negeri Ginseng cenderung turun. Tertulis dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), bulan Januari secara retail sales (dari diler ke konsumen) Kia mengirim 59 unit mobilnya.

Kemudian angka itu turun menjadi 49 unit pada bulan Februari. Memasuki bulan ketiga, jualan Kia kembali turun menjadi sekitar 40 unit saja.


Namun dalam dua bulan terakhir penjualan Kia justru tercatat tidak ada sama sekali alias 0. Sehingga secara Januari hingga Mei 2018, 148 unit mobil Kia terkirim ke garasi konsumen Indonesia.

Angka tersebut cukup berbanding jauh hingga 65,7 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Periode Januari-Mei 2018 Kia menjual 432 unit.

Sementara dalam data wholesales milik Gaikindo, Kia kembali tercatat tidak menjual mobilnya di Indonesia pada bulan Juni ini. Sehingga kalau menyimpulkan berdasarkan data tersebut, sudah tiga bulan Kia tak menjual mobil-mobilnya di Indonesia. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed