Selasa, 05 Jun 2018 16:35 WIB

Daihatsu Prediksi Bulan Ini Hanya Bisa Jual 4.000 Unit Saja

Ruly Kurniawan - detikOto
Daihatsu Sirion Foto: Ruly Kurniawan Daihatsu Sirion Foto: Ruly Kurniawan
Tangerang Selatan - Daihatsu selama bulan Juni ini hanya memperkirakan penjualan mobil sebesar 4.000 unit saja. Angka itu turun dibanding rata-rata penjualan Daihatsu yang mencapai sekitar 16.000 unit per bulan.

Hal ini menurut Marketing and CR Division Head PT Astra International - Daihatsu Sales Operation Hendrayadi Lastiyoso terjadi karenanya banyaknya hari libur. Dia memprediksi penjualan mobil hanya bisa efektif selama sepekan saja di bulan ini.


"Susah untuk disebutkan (perkiraan penjualan mobil) karena bulan ini libur lebaran dibandingkan tahun sebelumnya banyak banget. Sehingga efektif hari kerja menurut saya satu minggu ini saja. Minggu depan sudah libur, minggu depan lagi sudah libur lebaran, minggu depannya setelah periode lebaran sudah akhir bulan, sudah tutup DO. Jadi ya efektifnya minggu ini saja untuk jualan," kata Hendrayadi di Serpong, Tangerang Selatan.

Bila hanya memotong hasil penjualan tiap bulan Daihatsu yang rata-rata 16.000 tiap bulannya, maka penjualan di bulan ini diperkirakan ada di kisaran 4.000-an. Jadi hanya seperempatnya saja.

"Tapi itu kasaran saja ya, hitungan sistematis. Tapi kenyataannya kan bisa beda. Kita sih berharap mudah-mudahan bisa lebih dari itu," ucap Hendrayadi.

"Soalnya, market juga sedang cukup tinggi sekarang. Sampai bulan April saja naik sampai 15 persenan marketnya (retail sales). Berarti ini juga didorong memang market otomotif di Indonesia sedang naik. Namun saya belum tahu di Mei naiknya berapa karena belum keluar datanya," lanjutnya.

Untuk penjualan dari Januari ke April kemarin, ADM mencatat ada kenaikan sampai 9,6 persen dibandingkan tahun lalu. Untuk penjualan retail pun masih naik 9,1 persen. Lebih detail, volume retail sampai saat ini untuk mobil Daihatsu adalah 82.941 unit sedangkan Wholesales (dari pabrik ke diler) mencapai 88.144 unit. (ruk/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed