Kamis, 26 Apr 2018 15:54 WIB

Dolar AS Hampir Rp 14.000, Harga Mobil Bakalan Naik?

Dina Rayanti - detikOto
Indonesia International Motor Show Foto: Dyandra Promosindo Indonesia International Motor Show Foto: Dyandra Promosindo
Jakarta - Nilai tukar dolar AS terhadap rupiah pagi ini tercatat Rp 13.930. Banyak hal yang berpengaruh terkait dengan penguatan nilai tukar dolar AS terhadap rupiah ini, salah satunya adalah harga jual mobil.



Harga mobil bisa saja meningkat kalau penguatan dolar itu berlaku terus menerus alias dalam jangka panjang. Namun kalau hanya terjadi sementara saja, tak bakalan memiliki pengaruh apa-apa.

"Nggak bakal naik (harga mobil) kalau cuma 3-6 bulan. Mudah-mudahan kondisinya membaik" ungkap Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto saat dihubungi detikOto, Kamis (26/4/2018).



Nilai dolar AS yang hampir menembus angka Rp 14.000 tanpa disadari sudah mulai memberikan dampak terhadap beberapa jenis usaha di Indonesia.

Beberapa sektor usaha sudah menyadari dampak depresiasi rupiah belakangan ini. Dampak yang dirasakan sektor usaha tersebut karena produk yang dijualnya atau bahan dasarnya berasal dari impor.



Sebab, jika nilai dolar tinggi maka rupiah yang dikeluarkan semakin banyak atau mahal, meskipun harga dalam satuan dolarnya tetap sama. (dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed