Kamis, 12 Apr 2018 13:45 WIB

Tekan Emisi, Mobil Tua di London akan Dilarang Beroperasi

Ruly Kurniawan - detikOto
Mobil tua. Foto: eBay Mobil tua. Foto: eBay
London - Beberapa negara tengah serius dalam membatasi buangan gas emisi dari kendaraan. Di China, penggunaan mobil listrik atau hibrida sedang digalakkan. Sedangkan di London, tahun ini tepatnya pada bulan Juli nanti ada pembatasan kendaraan yang boleh mengaspal di jalanan. Singkatnya, mobil tua dilarang untuk beroperasi pada jam tertentu.

Diberitakan Autoclassics, beberapa jalanan atau zona tertentu kendaraan yang emisinya melebihi batas dilarang melintas. Yaitu pada pukul 7-10 pagi dan 4-7 sore waktu setempat. Daerah yang dituju adalah wilayah perkantoran, pasar induk, dan lainnya. Mereka menamakan zona itu Low Emissions Neighbourhood (LEN).



Penduduk dan pebisnis yang tinggal di daerah tersebut mendapatkan pengecualian. Namun bagi pendatang (yang rumahnya tidak berada di zona tersebut) harus memarkirkan kendaraan pribadi di tempat yang disediakan dan beralih menggunakan transportasi umum.

Kebijakan dari Walikota London, Sadiq Khan, itu sudah disetujui oleh dewan Hackney dan Islington. Alasannya, untuk mengurangi kabut asap dan polusi di pusat kota London. Jadi, daerah sekitar emisi rendah (LEN) selama jam sibuk akan menjadi bersih. Maka, tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit paru-paru di sekitaran wilayah itu dapat diredam.

"Di sembilan jalan yang kami usulkan untuk perubahan yang akan datang, hanya ULEV (ultra low emission vehicle) yang diizinkan beroperasi selama waktu pagi dan sore," jelas seorang juru bicara untuk Dewan Hackney.

"Mereka yang mengendarai kendaraan hibrida atau mobil listrik tidak akan terpengaruh," tambahnya.



Perlu diketahui, kendaraan yang bebas keluar-masuk zona rendah emisi itu (mobil-motor kategori ULEV) adalah kendaraan yang mengeluarkan kurang dari 75 g/km karbondioksida. Sebagai perbandingan, Jaguar XJ 2.7 diesel lansiran 2009 menghasilkan 214 g/km. MINI 1.3i klasik mengembuskan karbondioksida sekitar 164 g/km. Taksi di London 222 g/km. Bahkan, Toyota Prius generasi pertama dari tahun 2002 memancarkan 120 g/km karbondioksida. Maka, tidak ada harapan mobil tua bisa lolos dalam aturan tersebut.

Banyak yang berkata bahwa keputusan ini sekaligus menjadi ancaman produsen otomotif, khususnya yang masih berfokus untuk merakit mobil berbensin. Mobil klasik dan diesel pun jadi tidak bisa melewati kota London bagian tengah sesukanya. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed