Kamis, 01 Mar 2018 07:17 WIB

BMW Ingin Rangkul Kalangan Akademisi Kembangkan Mobil Listrik

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Rangga Rahardiansyah Foto: Rangga Rahardiansyah
Jakarta -

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan mendorong penuh pengembangan mobil listrik nasional. Semua elemen masyarakat di Indonesia, termasuk kalangan akademisi diminta sumbangannya untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia.



Hal ini pun mendapat perhatian dari BMW. Sebagai produsen yang termasuk pionir dalam menghadirkan teknologi kendaraan listrik di Indonesia, BMW juga rupanya tengah mencari cara agar bisa menggaet kalangan akademisi tanah air.

"Oh iya pasti kita tertarik, di Singapura, BMW sudah bekerja sama dengan Nanyang Technological University dalam mengembangkan mobil listrik," ujar Vice President Corporate Communications, BMW Group Indonesia Jodie O'tania menjawab pertanyaan detikOto soal ini.

Oleh mahasiswa Singapura, mobil keluarga i BMW, seperti i3 dan i8 diteliti. Kedua kendaraan tersebut digunakan para peneliti untuk mengetahui bagaimana tingkah laku pengguna kendaraan dan kondisi jalan serta uji coba teknologi baru di jalan raya seperti aplikasi seluler yang mampu memperkirakan kepadatan lalu lintas secara akurat dengan menempelkan beberapa kamera di dalam mobil yang datanya akan terekam dan tersinkronisasi untuk diolah lebih lanjut.

Produsen Jerman ini memang sudah cukup lama berniat terjun ke mobilitas listrik di Indonesia. BMW Indonesia telah memulai komunikasi seputar kendaraan listrik sejak tahun 2014 dengan menghadirkan kendaraan konsep BMW i8. BMW i8 merupakan sports car mutakhir yang menggabungkan sistem hybrid plug-in dengan kabin penumpang yang terbuat dari carbon-fibre-reinfroced plastic (CFRP) dan kerangka aluminium untuk mesin dan motor listrik, baterai dan suspensi.

BMW i8BMW i8 Foto: Pool


Hasilnya adalah sebuah sports car yang ringan, menawan dan sangat efisien yang menawarkan kombinasi performa dan efisiensi yang tak ada tandingannya.


BMW i merupakan salah satu sub-brand BMW yang menghadirkan konsep kendaraan dengan prinsip keberlanjutan pada keseluruhan proses pembuatan hingga materi yang digunakan. Ragam kendaraan listrik BMW berada di bawah sub-brand BMW i termasuk BMW iPerformance yang menaungi varian kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) BMW.

Selain i8, BMW juga memiliki i3, sebuah mobil listrik yang disiapkan BMW untuk kalangan urban.

BMW i3BMW i3 Foto: BMW


Pada tahun 2016, BMW Indonesia secara resmi meluncurkan kendaraan Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) pertama yaitu BMW i8. Jadi bagaimana mahasiswa Indonesia, siap bekerja sama dengan BMW?

(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed