Jumat, 15 Des 2017 09:16 WIB

Gandeng BMW, Penyediaan Infrastruktur Mobil Listrik dari PLN Akan Canggih

Ruly Kurniawan - detikOto
Gandeng BMW, Penyediaan Infrastruktur Mobil Listrik dari PLN Akan Canggih Foto: Ruly Kurniawan Gandeng BMW, Penyediaan Infrastruktur Mobil Listrik dari PLN Akan Canggih Foto: Ruly Kurniawan
Jakarta - PLN Distribusi Jakarta Raya (PLN Disjaya) berkolaborasi bersama BMW untuk bangun infrastuktur pendukung kendaraan listrik. Fasilitas tersebut akan disemarkan ke Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU) yang akan didistribusikan PLN ke seluruh Indonesia.

Jodie O'tania, Vice President Corporate Communications BMW Group Indonesia menuturkan akan terjadi transfer teknologi antara BMW i Wall Box (fasilitas penyediaan listrik dari PLN) dengan Stasiun Penyediaan Listrik Umum (SPLU) dari PLN. Pihak BMW akan menghadirkan beberapa ahli untuk mengkaji dan menelanjangi fasilitas dari BMW tersebut.

"Jadi setelah hari ini akan ada workshop, bersama dengan rekan-rekan internal PLN dengan menghadirkan ahli dari BMW Jerman. Diantaranya adalah ahli dari BMW i, ahli dari teknologi, maupun ahli untuk infrastruktur dan berbagi pengalaman yang sudah kita lakukan dengan negara lain," kata Jodie kepada wartawan di Jakarta.

"Dan juga apa sih yang dibutuhkan untuk bisa menghadirkan infrastruktur yang memadai bagi kendaraan listrik di Indonesia, itu yang akan kita share. Dimulai dengan pemberian BMW I Wall Box. Kita menyebutnya transfer teknologi, kita berikan teknologi dari BMW seperti ini, standar yang dibutuhkan kendaraan listrik BMW seperti ini, tipe chargernya seperti ini, spesifikasi, kompatibilitas, itu sangat penting," tambahnya.

Lebih lanjut, fasilitas SPLU yang akan dibuat dan dimodifikasi oleh PLN ini nantinya akan disebarkan ke seluruh Indonesia. Wah, era kendaraan listrik makin dekat nih Otolovers.

"Perangkat ini bisa digunakan oleh PLN untuk apapun, bisa dibongkar, dilihat teknologinya. Jadi memang akan digunakan untuk litbang PLN," kata Jodie.

"Untuk saat ini baru satu unit yang kita berikan, tapi itu merupakan sebuah milestone yang penting. Karena di Indonesia kami baru memiliki dua BMW I diler. Yang ada di Serpong dan Tebet, dan pastinya di rumah pemilik BMW i8. Di luar itu semua, PLN lah yang bertanggung jawab," tambahnya.

Disamping itu, PLN Disjaya juga akan menyebarkan 1500 SPLU sampai akhir tahun khusus di Jakarta. Namun jumlah tersebut akan terus berubah tergantung permintaan dan penggunaan kendaraan listrik. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.
  • Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 15:21 WIB
    Otoritas Jerman menahan bos produsen mobil mewah Audi, Rupert Stadler, dalam kasus skandal emisi mobil diesel yang dikenal dengan dieselgate
  • Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Selasa, 19 Jun 2018 13:58 WIB
    Setelah beredar foto-foto spyshotnya, Suzuki mulai merilis gambar Jimny model baru. Mobil offroad legendaris itu akan diluncurkan di Jepang bulan depan.
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.