Rabu, 13 Des 2017 17:15 WIB

Toyota: Di 2018 Pasar Akan Turun 4-5%, MPV Masih Jadi Tonggak Utama

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota memprediksi penjualan mobil di 2017 Foto: Dadan Kuswaraharja Toyota memprediksi penjualan mobil di 2017 Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Pada 2018 nanti, diproyeksikan pasar otomotif akan mengalami penurunan hingga 4-5 persen dibandingkan tahun lalu. Padahal, untuk pertumbuhan ekonominya sendiri akan diperkirakan naik jadi 5,3-5,4 persen. Mengapa?

Dipaparkan oleh Executive General Manager PT. Toyota Astra Motor (TAM), Fransiskus Soerjopranoto, melihat perilaku konsumen pada menjelang akhir tahun ini mereka masih lebih suka 'menyimpan uang dibawah bantal' daripada mengeluarkannya. Hal tersebut pun masih diakuinya menjadi polemik tersendiri.

"Kalau kita lihat sekarang produsen otomotif sih sedang wait and see. Jadi semenjak keluar kebijakan tentang tax amnesti sebenarnya orang masih mau melihat apakah pemerintah konsisten. Lalu yang kedua, apakah kondisi keamanan akan stabil. Kalau stabil, orang akan spending, kalau gak orang akan nyimpen terus nih (dananya). Jadi banyak isu negatif yang mempengaruhi industri dan perilaku konsumen, sehingga ia masih berjaga-jaga untuk mengeluarkan dananya," paparnya kepada wartawan di Jakarta.

Selain itu, lanjut Soerjo. Tren negatif lainnya seperti kredit mobil yang diperketat, akibat kredit macet hingga konsumsi yang masih tertahan dan akan berlanjut pun mewarnainya. Belum lagi tahun politik yang kental akan terjadi dipertengahan tahun yakni Pilkada serentak.

"Kita kan ingin market tumbuh selalu dan kita lihat semua makro indikator gak ada yang jelek (pertengahan sampai menjelang akhir tahun). Intrest rate juga bagus, turun terus. GDP juga bagus. Bahan komoditas juga seperti itu. Infrastruktur? tahun depan akan baik. Tapi kok industri kelihatannya semua turun, semuanya. Itulah yang sedang kita lakukan studi," tambah Soerjo. (lth/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
  • Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Audi Tunjuk Pengganti Bos yang Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 20:43 WIB
    Produsen mobil mewah Jerman, Audi, menunjuk Abraham Schot sebagai pengganti CEO Rupert Stadler yang ditahan oleh Kejaksaan Munich.
  • Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Kapten Inggris Penyuka Mobil Keluarga

    Selasa, 19 Jun 2018 19:18 WIB
    Kapten Timnas Inggris, Harry Kane, menjadi pahlawan buat Inggris. Bicara soal mobil, si kapten rupanya suka mobil keluarga, atau mobil SUV.
  • Kursi Bambu Pemudik Motor

    Kursi Bambu Pemudik Motor

    Selasa, 19 Jun 2018 17:19 WIB
    Meski tidak disarankan, pemudik masih banyak yang menggunakan motor. Agar lebih nyaman mudik, mereka memodifikasi motornya.
  • Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Skandal Dieselgate, Bos Audi Ditahan

    Selasa, 19 Jun 2018 15:21 WIB
    Otoritas Jerman menahan bos produsen mobil mewah Audi, Rupert Stadler, dalam kasus skandal emisi mobil diesel yang dikenal dengan dieselgate
  • Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Intip Suzuki Jimny Model Anyar

    Selasa, 19 Jun 2018 13:58 WIB
    Setelah beredar foto-foto spyshotnya, Suzuki mulai merilis gambar Jimny model baru. Mobil offroad legendaris itu akan diluncurkan di Jepang bulan depan.
  • Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Mulai Besok Tol JORR Naik Jadi Rp 15.000

    Selasa, 19 Jun 2018 13:02 WIB
    Mulai Rabu (20/6/2018), tarif tol JORR baik jarak jauh maupun dekat akan dikenakan tarif yang sama. Tarif tol akan naik menjadi Rp 15.000 untuk golongan I.