Sabtu, 09 Des 2017 15:09 WIB

Inti dari Mobil Pedesaan Itu Bangun Industri Mobil

M Luthfi Andika, M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Dok. Kementerian Perindustrian Foto: Dok. Kementerian Perindustrian
Jakarta - Institut Otomotif Indonesia (IOI) memastikan program mobil pedesaan masih on the track alias masih terus berjalan. Program ini tak hanya melahirkan mobil pedesaan semata tapi juga menciptakan industrinya.

"Yang jadi esensi secara nasional dari mobil pedesaan itu, bahwa kendaraan pedesaan di Indonesia ini menjadi tempat atau media bisa dibuatnya kendaraan pedesaan sebagai pengganti grandong, serta bisa disambungkan dengan ALSINTA (Alat Mesin Pertanian)," ujar Presiden IOI, I Made Dana Tangkas kepada detikOto.

Untuk itu, lanjut Made, rencana yang matang sangat diperlukan untuk bisa benar-benar melahirkan mobil pedesaan di Indonesia.


"Dan untuk bisa diproduksi massal itu perlu persiapan. Dari prototipe, gambarnya, komponen yang bisa dibuat. Karena ini kita membangun industri kendaraan pedesaan yang melibatkan masyarakat Indonesia. Belum lagi peran dari dier dan outlet sehingga perlu dipersiapkan dengan matang," kata tambah Made.

Prototipe mobil pedesaan garapan mahasiswaPrototipe mobil pedesaan garapan mahasiswa Foto: M Luthfi Andika


Sehingga menurut Made, kendaraan pedesaan ini bisa menjadi supply chain industri nasional.

"Persiapan yang matang sangat perlu karena ini bisa menjadi supply chain industri nasional. Jadi yang kita ke depankan membangun industri pedesaan. Kalau hanya melahirkan produknya saja, itu bisa saja kita ambil dari negara lain seperti China dan India. Tapi bukan itu, yang akan kita bangun industri kendaraan pedesaaan yang bermanfaat para pelaku industri yang ada sekarang dan masyarakat pedesaan. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed