Jumat, 08 Des 2017 16:14 WIB

Renault Perlihatkan Mesin 1.3 Liter yang Pakai Teknologi GT-R

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Renault Foto: Renault
Paris - Renault memiliki mesin baru yakni mesin bensin 1.3 liter berteknologi injeksi langsung dengan turbo yang dikembangkan bersama dengan Nissan dan Mercedes-benz.

Mesin Energy TCe 140 ini bakalan mulai tersedia tahun depan pada model Scenic dan Grand Scenic tapi tak menutup kemungkinan bakalan dipakai di produk lain Renault.

"Mesin bensin terbaru kami menggunakan semua keahlian insinyur Renault, aliansi dan partner kami Daimler. Mesin memenuhi kualitas standar baik dari aliansi dan Daimler dengan pengetesan selama lebih dari 40.000 jam. Dibanding Energy TCe 130, mesin baru Energy TCe 140 mengasilkan tambahan torsi 35 Nm yang bisa dicapai di putaran mesin yang lebar, dari 1.500 rpm sampai 3.500 rpm," ujar Wakil Presiden Aliansi untuk Powertrain dan mobil listrik Phillipe Brunet di situs Renault.

Transmisi manualTransmisi manual Foto: Renault


Tenaganya bervariasi antara 115 hp sampai 160 hp dengan pilihan transmisi manual, atau transmisi otomatis EDC dual clutch.

EDC automatic gearboxEDC automatic gearbox Foto: Renault


Berkat adanya teknologi yang dikembangkan oleh aliansi ketiganya, mesin ini mengusung beberapa fitur baru seperti Bore Spray Coating yaitu teknologi coating silinder yang diambil dari Nissan GT-R. Fitur itu memungkinkan mesin lebih baik dalam hal efisiensi karena bisa mengurangi friksi dan mengoptimalkan perpindahan panas.

Renault mengklaim mesin tak hanya menawarkan torsi besar pada rpm rendah namun juga torsi yang lebih stabil pada rpm tinggi.

Meski begitu faktor kenyamanan masih menjadi yang utama. Renault mengatakan mesin lebih responsif sehingga asyik untuk diajak bermanuver. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed