Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 05 Desember 2017, 16:33 WIB

Pakai Mobil Listrik Lebih Bersih, Kecuali di 19 Negara Ini

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Pakai Mobil Listrik Lebih Bersih, Kecuali di 19 Negara Ini Foto: Istimewa/dok KIA via Newspress
Michigan - Industri otomotif dunia saat ini sedang fokus memilih kendaraan yang lebih ramah lingkungan. Salah satu jenis kendaraan yang sedang dikembangkan adalah kendaraan bertenaga listrik.

Tapi, tidak di semua negara mobil listrik lebih bersih. Masih ada beberapa negara yang mobil listrik tidak dianggap lebih baik. Dilansir Inside EVs, menurut studi dari Institut Penelitian Transportasi Michigan emisi gas rumah kaca bisa ditimbulkan secara tidak langsung. Emisi dari mobil listrik sangat bervariasi tergantung pada negara tempat beroperasinya.

Secara umum, kendaraan listrik lebih bersih dalam hal emisi gas rumah kaca di 122 negara dari 141 negara. Sementara 19 negara lainnya yang masih menggunakan pembangkit listrik berbasis batu bara malah memperburuk emisi.

Di Botswana dan Gibraltar, yang masih menghasilkan 100% listrik dari batu bara dan minyak, mobil listrik mencatatkan angka konsumsi bahan bakar setara 8,1 liter/100 km atau 12,35 km/liter. Begitu pun di China yang mencatat angka 5,9 liter/100 km atau 16,95 km/liter.

Sementara di Albania yang menghasilkan 100% listriknya dari pembangkit listrik tenaga air memiliki rata-tara 0,05 liter/100 km atau 2.000 km/liter. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +