Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 23 November 2017, 08:10 WIB

Modal 7 Liter Bensin, Nissan Grand Livina Sukses Jelajahi Bali

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Modal 7 Liter Bensin, Nissan Grand Livina Sukses Jelajahi Bali Foto: Rangga Rahadiansyah
Denpasar -
Nissan Motor Indonesia (NMI) membuktikan keiritan MPV andalannya, Nissan Grand Livina. Mobil keluarga dari Nissan itu diajak berlari jauh mengelilingi Bali hanya dengan tujuh liter bensin.
Melalui "Tantangan 7 Liter Livina", Nissan mau membuktikan keunggulan teknologi Xtronic CVT yang merupakan bagian dari Nissan Intelligent Mobility pada Grand Livina yang sudah dijual di Indonesia. Tantangan ini kembali dilakukan, tapi medannya lebih berat dengan mengambil rute di Pulau Bali.
Jarak yang ditempuh sekitar lebih dari 130 kilometer (km). Peserta ditantang untuk mengirit bahan bakar karena hanya ada 7 liter bensin di tangki mobil ini.
Kondisi mobil sebelum berangkat dalam keadaan normal. Tekanan angin ban disesuaikan dengan rekomendasi pabrik. Sebelum berangkat, tangki bensin sudah dikuras dan dibuktikan oleh peserta dengan mencoba menyalakan mesin, tapi tidak mau menyala. MID juga telah diatur ulang di awal keberangkatan. Mobil pun langsung diisi dengan 7 liter bensin RON 92 di hadapan peserta.
Kondisi mobil dalam keadaan fit setelah diservis. Satu mobil diisi dua orang dan AC dalam keadaan menyala sepanjang perjalanan.
Setelah diisi 7 liter bensin dan mesin dinyalakan, indikator sisa bahan bakar yang tertera di Multi Information Display (MID) sudah dalam keadaan berkedip-kedip yang menandakan bensin dalam tangki sangat sedikit. detikOto mengendarai Nissan Grand Livina di Bali dengan keadaan indikator sisa BBM berkedip-kedip tanda mau habis. Bikin deg-degan awalnya. Apakah mampu menjelajah Bali dengan jalur yang menantang?

Uji irit Nissan LivinaUji irit Nissan Livina Foto: Nissan
Ya, jalanan yang dilalui cukup beragam. Ada tanjakan curam, turunan, macet, jalan lancar di jalan tol, hingga hujan lebat mewarnai tantangan ini. Tapi, hampir semua mobil Nissan Grand Livina yang diuji ini sampai titik finis tanpa kehabisan bensin pada Rabu (22/11/2017) sore.

Uji irit LivinaUji irit Livina Foto: Nissan
Perjalanan dimulai dari diler Nissan Gianyar. Kami melaju menuju Monumen Puputan, lanjut ke Tukad Yeh Unda dan masuk check point di Pantai Candidasa. Selanjutnya kami langsung menuju Bali Safari & Marine Park. Selepas makan siang di area Bali Safari & Marine Park, kami langsung menuju Garuda Wisnu Kencana (GWK) dan finis di Pantai Balangan. Mobil yang ditumpangi detikOto menjangkau jarak 137,5 km.

Uji irit LivinaUji irit Livina Foto: Nissan
Itu pun sebenarnya bensin masih tersisa di tangki. Artinya, konsumsi bahan bakar Grand Livina yang ditumpangi detikOto mencapai lebih dari 19 km/liter. Bahkan, konsumsi bahan bakar rata-rata yang ada di MID mobil salah satu peserta menunjukkan angka 20,7 km/liter setelah menempuh 135,1 km.
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +