Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 01 November 2017, 15:18 WIB

Butuh 13 Jam Buat Toyota dan 6 Bulan Rolls-Royce untuk Lahirkan Mobil

Dina Rayanti - detikOto
Butuh 13 Jam Buat Toyota dan 6 Bulan Rolls-Royce untuk Lahirkan Mobil Rolls-Royce Foto: Instagram/rollsroycemedia
Jakarta - Pernahkah Otolovers mendengar istilah 'Jika anda merasa frustasi ingatlah membutuhkan waktu 13 jam untuk melahirkan Toyota dan enam bulan membuat Rolls-Royce'? Di luar negeri sana, istilah itu sering digunakan untuk memotivasi seseorang dalam meraih impian dan cita-citanya yang membutuhkan waktu.

Tetapi apa yang membuat Rolls-Royce butuh enam bulan saat dibuat?

Melansir Rolls-Royce Motor Cars Raleigh, Rabu (1/11/2017), hampir semua mobil-mobil Rolls-Royce dikerjakan dengan tangan kecuali proses pengecatan bagian eksterior. Untuk pekerjaan itu dilakukan oleh robot karena dianggap hasilnya lebih rata daripada dikerjakan oleh tangan manusia.

Namun mayoritas pembuatan mobil seperti pemasangan detil-detil material kayu pada door trim, komponen kedap suara dan lainnya dikerjakan oleh manusia. Tak sembarangan, mereka harus berlatih selama tiga tahun atau sekitar 1.000 hari untuk satu keahlian pemasangan komponen mobil Rolls-Royce.

Sebenarnya tak seluruh mobil Rolls-Royce memiliki waktu pengerjaan yang sama. Jika ada konsumen yang menginginkan kustomisasi tingkat tinggi maka waktu pengerjaan akan semakin lama. Secara umum, model Rolls-Royce yang paling sedikit kustomisasinya membutuhkan waktu pengerjaan sekitar tiga setengah bulan. Kemudian ditambah dengan waktu pengiriman translatik sekitar 7-10 hari ditambah lagi satu minggu untuk uji kualitas di diler. Sekitar empat bulan Rolls-Royce terbaru minim kustomisasi bisa terparkir di garasi anda.

Karena dikerjakan oleh tangan manusia, maka cacat pada mobil lebih sedikit presentasenya dibandingkan yang dikerjakan oleh robot. Jika robot membuat kesalahan maka ada sekitar 10.000 unit mobil yang mengalami kecacatan yang sama. Namun jika dikerjakan manusia mungkin hanya satu saja mobil yag mengalami kecacatan itu. (dry/lth)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed