Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Kamis 31 Agustus 2017, 16:09 WIB

Toyota Sanggupi Buat Mobil Listrik dalam 5 Tahun Lagi

Khairul Imam Ghozali - detikOto
Toyota Sanggupi Buat Mobil Listrik dalam 5 Tahun Lagi Foto: Toyota
Jakarta - Para produsen roda empat di Indonesia mengaku sudah siap untuk beralih ke mobil listrik sesuai dengan pasar global dan dorongan dari pemerintah.

Ada dua cara untuk menghadirkan mobil listrik, yang paling mudah dengan mengimpor dari luar negeri, dan yang rumit merakitnya secara lokal.

Toyota yang termasuk pemain besar industri otomotif roda empat di Indonesia juga tidak menampik hal tersebut. Lantas kapan kira-kira bisa rakit lokal mobil listrik, Toyota?

"Perlu waktu, tapi nggak terlalu panjang ya. Ya lima tahun bisa," ujar Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, kepada wartawan, di Jakarta.

Harus ada beberapa tahap yang perlu dilakukan TMMIN untuk melakukan perakitan lokal mobil listrik.

"Persiapan supply chain harus disiapkan terlebih dulu, industri harus menyiapkan dulu. Kemungkinan CBU (Completely Build-up) dulu lalu CKD (Completely knock Down). Begitulah kira-kira," tutur Warih.

Selain itu, harus ada volume pasar yang memungkinkan perakitan mobil listrik secara lokal. Untuk itu, kata Warih, harus ada kebijakan pemerintah agar volume yang dibutuhkan bisa tumbuh.

"Dulu salah satu nilai tambah fuel efficient vehicle adalah ada benefit yang didapat masyarakat kalau punya hybrid atau mobil listrik. Dia akan delay operation lebih kecil. Tapi perlu diperhatikan juga, kalau market price lebih tinggi pasti menyulitkan," pungkas Warih.

(khi/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed