Selasa, 22 Agu 2017 14:17 WIB

Setelah LCGC Ada Kendaraan dengan Konsumsi BBM 1:28 Lebih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Mindra Purnomo Foto: Mindra Purnomo
Jakarta - Pemerintah Indonesia sekarang sedang fokus memenuhi komitmennya untuk menekan efek rumah kaca. Presiden Joko Widodo dalam konferensi perubahan iklim di Paris, Perancis atau COP21 tahun lalu berkomitmen untuk mengurangi emisi gas karbon dioksida sebesar 29 persen pada 2030.

Berbagai cara dilakukan untuk memenuhi komitmen itu. Salah satunya dengan menurunkan emisi gas buang dari kendaraan bermotor.

"Kami dari Kementerian Perindustrian khususnya mengimbau kepada seluruh pegiat-pegiat bidang otomotif marilah bersama-sama mengantisipasi untuk memproduksi dan mengembangkan produk-produk yang ramah lingkungan," kata Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kemenperin, I Gusti Putu Suryawirawan di Tangerang belum lama ini.

Saat ini, kendaraan bermotor yang pro terhadap lingkungan di Indonesia sudah ada kendaraan bermotor hemat energi dan harga terjangkau (KBH2) atau low cost green car (LCGC). LCGC mendapat keringanan pajak asal memenuhi syarat konsumsi bahan bakar minyak (BBM) mencapai 1 liter untuk jarak 20 kilometer (km).

"Selanjutnya adalah kendaraan-kendaraan yang bisa mencapai fuel consumption 1 liter lebih dari 28 kilometer," ucap Putu.

Kendaraan yang konsumsi bahan bakarnya bisa lebih dari 1:28 itu termasuk kendaraan hybrid. Rata-rata kendaraan hybrid yang dikembangkan pabrikan otomotif diklaim konsumsi bahan bakarnya bisa lebih dari 1:28. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed