Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Sabtu 05 Agustus 2017, 09:14 WIB

Toyota-Mazda Bersatu

Toyota Tak Menutup Kemungkinan Bikin SUV Bareng Mazda untuk RI

Ruly Kurniawan - detikOto
Toyota Tak Menutup Kemungkinan Bikin SUV Bareng Mazda untuk RI Foto: Andhika Akbarayansyah
Pontianak - Untuk membuat dan mengembangkan kendaraan roda empat, produsennya membutuhkan biaya yang cukup besar. Terlebih jika menggunakan teknologi canggih.

Tak heran, kini beberapa perusahaan otomotif banyak yang melakukan kolaborasi dengan perusahaan otomotif lainnya atau perusahaan teknologi. Salah satunya dilakukan oleh produsen asal Jepang, Toyota dengan Mazda yang mengumumkan kolaborasi baru-baru ini.

"Biaya untuk R&D itu besar. Untuk menguranginya produsen otomotif itu melakukan kolaborasi dengan perusahaan otomotif atau perusahaan yang bergerak di bidang yang berhubungan lainnya, seperti perusahaan teknologi," ujar Executive General Manager Toyota Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto kepada detikOto saat ditemui usai acara pelepasan Tour 3 Negara TKCI dan Velozity di Pontianak, Kalimantan Barat, kemarin.

Saat ini, memang Toyota telah melakukan hal tersebut untuk menghadirkan kendaraan yang cocok dengan kebutuhan konsumennya agar harga kendaraannya dapat dijangkau konsumen.

"Kolaborasi yang kita lakukan tergantung pada variasi keinginan konsumen," tutur pria yang akrab disapa Suryo itu.

Sedangkan untuk Indonesia, ia menambahkan, Toyota tidak menutup kemungkinan untuk membuat mobil bersama Mazda. Tapi, Suryo menyebut pihaknya belum merencanakan dengan matang untuk waktunya.

"Kita tidak menutup kemungkinan untuk melakukan hal tersebut di Indonesia. Tapi tidak untuk mobil low MVP karena Toyota sudah sangat kuat di segmen ini. Paling realistis sih kita akan lakukan untuk memproduksi mobil SUV yang canggih dan mewah. Nantikan saja," tutup Suryo. (rgr/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed