Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 12 Juni 2017, 04:40 WIB

Bikin Calya, Insinyur Toyota Sampai Pelajari Kebiasaan Konsumen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Bikin Calya, Insinyur Toyota Sampai Pelajari Kebiasaan Konsumen Toyota Calya (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Toyota Astra Motor (TAM) serius membuat LCGC 7 penumpang, Astra Toyota Calya khusus untuk pasar Indonesia. Bahkan, insinyur Toyota dari Jepang dan Indonesia mempelajari kebiasaan konsumen di kelas itu.

PR Manager TAM, Rouli Sijabat mengatakan, Toyota dalam membuat sebuah mobil selalu mempertimbangkan dua hal. Keduanya yaitu riset soal kondisi jalan dan riset kondisi penggunaannya.

"Kita bekerja sama dengan engineer Jepang dan Indonesia, mereka nongkrong di mall untuk melihat konsumen di segmen mobil itu kalau naik mobil kayak gimana, buka pintu kayak gimana, duduk seperti apa," kata Rouli di acara Coaching Clinic Toyota Calya bersama detikOto di Locanda Food Voyager, Jakarta, Minggu (11/6/2017).

Infografis Toyota CalyaInfografis Toyota Calya Foto: Zaki Alfarabi


Kebiasaan-kebiansaan konsumen itu menjadi pertimbangan Toyota dalam mengembangkan Calya. Bahkan sampai di luar kota pun dipelajari karakter konsumennya.

"Itu masukan untuk insinyur Toyota untuk mengembangkan mobil yang sesuai kebutuhan. Karena setiap negara beda kebutuhannya," kata Rouli.

"Kita selalu melakukan riset kebutuhan pasar. Makanya Calya ini memang dibuat khusus untuk pasar Indonesia," tambahnya.

(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +