Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 06 Juni 2017, 13:59 WIB

Renault Olah Baterai Bekas Mobil Listrik untuk Rumah Tangga

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Renault Olah Baterai Bekas Mobil Listrik untuk Rumah Tangga Parade mobil Iistrik Renault (Foto: Renault)
Paris - Renault menggandeng perusahaan energi perumahan, Powervault untuk mengolah kembali batera bekas mobil listrik sehingga tak dibuang sia-sia. Keduanya ingin mengolah baterai bekas mobil listrik menjadi sistem penyimpanan energi untuk rumah.

Diberitakan Autocar, Powervault mengklaim, penggunaan baterai bekas kendaraan listrik bisa mengurangi biaya hingga 30 persen dibanding konsumen yang menggunakan baterai pintar Powervault.

Pada tahap awal, ada 50 unit sistem penyimpanan energi untuk rumah yang terbuat dari baterai bekas kendaraan listrik Renault yang dipulihkan kembali. Renault dan Powervault bertujuan untuk mengukur kinerja baterai yang direkur dibandingkan dengan baterai konvensional.

Renault menyebut, dengan proyek ini maka baterai mobil listriknya bisa digunakan lebih lama lagi. Setelah digunakan delapan sampai 10 tahun di mobil listrik, baterai itu bisa digunakan sekitar 10 tahun lagi di Powervault.

"Baterai diambil kembali oleh diler Renault dan dikeluarkan dari mobil. Kemudian baterai lithium-ion itu dites dan dinilai. Baterai yang kondisinya lebih dari 70 persen kemudian dikemas kembali ke dalam kemasan baterai portable yang lebih kecil oleh Powervault. Setiap paket terdiri dari 8 modul yang memberi kapasitas baterai 2,5 kWh. Modul baterai yang kondisinya di bawah 70 persen akan didaur ulang," kata juru bicara Powervault. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +