Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 05 Juni 2017, 03:24 WIB

Aliansi di Dunia Otomotif Hasilkan Mobil Bagus dan Harga Terjangkau

Dina Rayanti - detikOto
Aliansi di Dunia Otomotif Hasilkan Mobil Bagus dan Harga Terjangkau Logo mobil Toyota (Foto: Dadan Kuswaraharja)
Jakarta - Aliansi di dunia otomotif sudah tidak asing lagi. Yang terbaru adalah bergabungnya Mitsubishi dengan aliansi Nissan dan Renault pada Oktober 2016 lalu. Aliansi ini memberikan keuntungan tersendiri untuk para pabrikan otomotif salah satunya biaya riset dan pengembangan bisa lebih cepat dilakukan sehingga kehadiran model baru pun semakin cepat.

"Yang perlu dipertimbangkan itu RnD (Research and Development) cost karena untuk pengembangan kan produk harus cepat berubah. Kalau produk cepat berubah kalau dia bisa sinergi dua brand itu akan lebih cepat," tutur Executive General Manager PT Toyota Astra Motors (TAM), Fransiscus Soerjopranoto di Jakarta.

Soerjo mencontohkan kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota misalnya bisa menghasilkan produksi yang bagus dengan harga terjangkau.

"Misalnya Daihatsu kuat sama low cost Toyota kuat sama brand dan kualitas dikombinasikan ya bagus. Mitsubishi dan Nissan pun begitu sama jadi kolaborasi bagus termasuk kan yang European model begitu trennya tujuannya nggak lain adalah RnD cost," jelas Soerjo.

"RnD cost nggak hanya uang ya tapi juga knowledge dan experience Daihatsu sama Toyota totally beda dia development saya kan ngalamin tapi how to combine itu yang paling penting,' lanjutnya. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +