Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 18 April 2017, 16:11 WIB

Daihatsu: Kalau Banyak Fitur, Ayla Susah Masuk LCGC

Dina Rayanti - detikOto
Daihatsu: Kalau Banyak Fitur, Ayla Susah Masuk LCGC Foto: Dina Rayanti
Bandung - Kendaraan Bermotor Hemat Bahan Bakar Harga dan Terjangkau atau KBH2 atau Low Cost and Green Car memiliki harga maksimal (ceiling price) yang ditentukan pemerintah.

Dengan alasan itulah, Daihatsu tidak bisa menambah terlalu banyak fitur di LCGC seperti Ayla.

Misalnya fitur spion yang bisa dilipat secara otomatis belum disematkan di mobil Ayla.

"Mohon maaf ya, KBH2 apa juga bisa kita bikin nanti ceilingnya nggak lewat, masa KBH2 mau ini mau itu. Kalau mau apapun mobil bisa dibikin," jelas Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra, di Ciwidey, Bandung.

Dari berbagai sumber di pabrikan, harga on the road maksimal untuk mobil LCGC adalah Rp 158,1 juta untuk mobil matik, dan Rp 138,5 juta untuk mobil manual.

Ayla juga mengalami perubahan mulai dari desain hingga kapasitas mesin yang semula ditawarkan hanya 1.000 cc kini juga ada kapasitas mesin yang lebih besar 1.200cc.

Mobil ini mengusung konsep drive by wire agar lebih efisien bahan bakarnya. Sehingga saat tarikan awal cukup berat.

"Kita pakai konsepnya drive by wire buat efisien itu pakai wire, dengan wire seperti itu kita ngatur aturan bensinnya itu nggak nyemprot secara langsung jadi nggak boros," kata Amel.

"Agak panjang (tarikannya) tapi memang itu konsepnya 'lo mau pilih yang mana, kan maunya pilih KBH2 bisa saja kita borosin semprot banyakin kan mau pilih, pilih yang irit kan tapi tetap aja nanjak bagus kok, jadi kita milih mau yang lebih powerful bisa dibikin, kita mau lebih irit yang ini," sambung Amel.

Sementara mengenai trade in atau tukar tambah Ayla lama dan Ayla baru, Amel mengatakan hal itu belum dimungkinkan, namun bagi pengguna Ayla lama yang tetap ingin menukar mobil bisa mendatangi mobil88 atau counter mobil bekas Daihatsu di berbagai daerah.

"Sebenarnya kalau mau ngomong trade in kami mempunyai used car di beberapa tempat kalaupun nggak itupun bisa kerjasama dengan mobil88 dimana pun berada karena itu value chain kami. Atau kalau nggak datang aja ke outlet resmi nanti dibantuin jual dengan harga terbaik," kata Amel.

(dry/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed