Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Rabu 12 April 2017, 12:00 WIB

Syarat LCEV Harus Produksi Lokal, Apa Jawaban Nissan?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Syarat LCEV Harus Produksi Lokal, Apa Jawaban Nissan? Foto: Nissan
Jakarta - Pemerintah sedang menyiapkan program kendaraan ramah lingkungan atau Low Carbon Emission Vehicle (LCEV). Salah satu syaratnya kalau LCEV mau dapat insentif dari pemerintah adalah harus produksi lokal.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawirawan beberapa waktu lalu mengatakan, LCEV bisa diberikan penurunan PPnBM kalau ada konten lokal, penyerapan tenaga kerja dan kontribusi ekspor. Apa kata Nissan?

"Kalau bicara produksi, ada aturan LCEV atau enggak, kita kan punya kemampuan produksi, kita punya pabrik. Kalau soal produksi mobil di sini sih bukan masalah buat Nissan. Karena kita sudah punya manufaktur, kita bukan cuma sekadar jadi distributor, kita punya manufaktur sendiri. Jadi enggak masalah," kata Kepala Komunikasi PT Nissan Motor Indonesia (NMI) Hana Maharani kepada detikOto.

Namun, Hana belum bisa memastikan apakah Nissan akan ikut program LCEV atau tidak. Pasalnya, pihaknya belum mengetahui secara pasti peraturan yang masih dirancang itu.

"Kita kan belum tahu aturan jelasnya, requirement seperti apa, harus dipkirin lagi lah," kata Hana. (rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +