Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 21 Maret 2017, 16:16 WIB

Ini Rahasia Rak Bagasi Mobil, Enteng Namun Bisa Tahan Berat 300 Kg

Alfiza Satrio - detikOto
Ini Rahasia Rak Bagasi Mobil, Enteng Namun Bisa Tahan Berat 300 Kg Foto: Ford
Detroit -

Jika anda teliti melihatnya, rak di bagian bagasi mobil biasanya merupakan sebuah panel yang ringan. Ternyata rak ini cukup kuat lho, bisa menahan beban sampai 300 kg!

Rak bagasi ini dapat dibuka dan memberikan ruang tambahan untuk menyimpan barang-barang sang pemilik.

Rak bagasi ini bobotnya hanya 2 kg tapi mampu menahan berat barang sampai 300 kg.

Yang lebih mengesankan lagi, ternyata alas bagasi ini terbuat dari bahan daur ulang, yaitu dus karton dan lem yang berbahan dasar air.

Melalui video yang dirilis oleh akun resmi Ford di YouTube beberapa waktu yang lalu, pabrikan asal Amerika Serikat ini menyatakan bahwa mereka terinspirasi dari alam, yaitu dari desain sarang madu milik lebah.

Sarang madu lebah memang diketahui begitu kuat dan kokoh bahkan beberapa tahun belakangan telah digunakan untuk membuat struktur untuk peralatan olahraga seperti ski hingga kerangka pesawat ruang angkasa.

Namun tidak hanya kuat dan kokoh, sarang madu juga memiliki bobot yang sangat ringan. Kemampuan inilah yang membuat Ford terinspirasi menciptakan rak kargo di SUV terbaru mereka seperti EcoSport.

Selain itu, rak bagasi ini dapat diatur posisinya sesuai kebutuhan pengendara. Jika ditaruh pada posisi terendah, ia mampu menjadi alas yang menopang beban lebih dari 100 kali dari bobotnya sendiri.

Jika dinaikan sedikit, rak ini mampu menyediakan ruang yang cukup untuk menyimpan barang bawaan pemilik. Rak bagasi ini juga dapat dicopot dan diletakkan secara vertikal di belakang kursi penumpang.


(ddn/ddn)
Komentar ...
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed