Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Senin 13 Februari 2017, 09:18 WIB

Demi Mobil Otonom, Ford Gelontorkan Rp 13,3 Triliun

Dina Rayanti - detikOto
Demi Mobil Otonom, Ford Gelontorkan Rp 13,3 Triliun Foto: Dadan Kuswaraharja
Detroit - Pembuat mobil asal Amerika Serikat (AS), Ford mengumumkan bakal berinvestasi sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 13,3 triliun untuk 5 tahun ke depan pada sebuah perusahaan startup.

Seperti dilansir CNN Money, Senin (13/2/2017), perusahaan startup bernama Argo AI (Artificial Intelligent) akan dipimpin oleh Google. Dan veteran Uber akan bergabung dengan tim Ford untuk mengembangkan mobil otonom. Ini merupakan investasi terbaru dalam mobil otonom.

Sebelumnya General Motor juga menghabiskan jumlah uang yang sama untuk mengakuisisi Cruise Automation. Di akhir Agustus, Uber juga berinvestasi sebesar US$ 680 juta atau setara Rp 9 triliun ke perusahaan rintisan yang dipimpin Google.

Argo AI merupakan perusahaan yang benar-benar baru, bahkan belum pernah diumumkan di publik. Namun Ford belum sepenuhnya mengambil alih Argo AI, melainkan hanya memegang mayoritas saham.

Argo AI dicanangkan memiliki 200 karyawan di akhir tahun ini dengan bekerja di tiga tempat terpisah yaitu Silicon Valley, Michigan, dan Pittsburgh.

CEO Argo AI dulunya sempat bekerja di Google untuk mengerjakan mobil otonom kemudian keluar di tahun 2016 sementara wakilnya Peter Rander, telah bekerja selama 2 tahun di mobil otonom Uber di Pittsburgh. (dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
FJB Otomotif +