Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Selasa 26 Januari 2016, 09:15 WIB

Sepanjang Tahun lalu, 51,3 Juta Mobil Ditarik di Amerika

Arif Arianto - detikOto
Sepanjang Tahun lalu, 51,3 Juta Mobil Ditarik di Amerika dok.Reuters
Washington - Lembaga Keselamatan Jalan Raya Nasional (NHTSA) Amerika Serikat mencatat, sepanjang 2015 lalu, jumlah mobil yang ditarik di negara itu mencapai 51,3 juta unit. Jumlah itu merupakan hasil 868 penarikan dengan isu atau penyebab yang berbeda.

Pernyataan NHTSA yang dilansir Reuters, menyebut awalnya lembaga itu telah mendapatkan kritikan pedas dari kongres karena dianggap lemot menangani isu-isu keselamatan. Kritik itu bermula dari tertundanya penarikan 2,6 juta mobil buatan General Motors yang mengalami cacat pada kunci kontak dan menyebabkan 124 orang tewas.

Sejak itu, NHTSA melakukan serangkaian reformasi dan membuat pernaikan dalam penangangan mobil yang ditengarai bermasalah. Lembaga ini meminta pabrikan yang produknya ditengarai bermasalah untuk segera melakukan penarikan, dan jika terlambat atau lali akan didenda.

Sebelumnya, pada 2014, menurut NHTSA sekitar 63,9 jta mobil ditarik di Amerika Serikat. Jumlah itu merupakan hasil dari 803 kampanye penarikan dengan penyebab yang berbeda.

Dari jumlah tersebut, 12 juta unit diantaranya dikarenakan cacat pada airbag Takata. Masalah karena airbag tersebut berlanjut pada 2015 lalu,

"Penarikan besar-besaran terjadi masih terkait dengan fitur keamanan. NHTSA telah melakukan upaya besar sepanjang tahun lalu untuk meningkatkan proses identifikasi cacat kendaraan, dan upaya yang akan dilakukan," tutur Administrator NHTSA, Mark Rosekind.

Para pabrikan mobil telah sepakat dengan penarikan dan secara sukarela melakukannya, NHTSA juga mengumumkan peluncuran kampanye Safe Cars Save Lives. Kampanye iklan digital itu memberikan informasi kepada para pemilik mobil tentang nomor identitas kendaraan (VIN) mereka untuk dicocokan dengan daftar mobil yang harus ditarik karena adanya dugaan masalah tertentu.

(arf/arf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed