ADVERTISEMENT
Sabtu, 28 Feb 2015 09:04 WIB

Esemka: Dukungan Pemerintah Sangat Penting

- detikOto
Jakarta - Esemka membutuhkan investasi sebesar Rp 100 miliar untuk modal awal pengembangan. Tetapi perusahaan lokal, PT Garansindo Inter Global siap mengucurkan dana yang dibutuhkan Esemka untuk mengembangkan Esemka menjadi produk dalam negeri yang berkualitas.

Jika kerjasama ini terealisasi, maka perlukan ada campur tangan pemerintah?

Menurut Direktur Marketing dan Komunikasi Publik PT Solo Manufaktur Kreasi, Sabar Budhi, campur tangan pemerintah itu sangat penting karena pemerintah bisa menjebatani Esemka berkomunikasi dengan pihak terkait.

"Kalau dukungan atau campur tangan pemerintah itu pasti harus ada. Minimal pemerintah bisa menjembatani ke industri otomotif lainnya," kata Sabar saat dihubungi detikOto, Jumat (27/2/2015).

Sebelumnya, CEO PT Garansindo Inter Global Muhammad Al Abdullah menuturkan, pihaknya berencana untuk mengadakan pertemuan dengan sejumlah instansi pemerintahan terkait hal ini. Bahkan, ia juga siap jika diminta bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas Esemka.

"Saya benar-benar ingin sekali membesarkan Esemka. Setelah ini saya ingin bertemu dengan pihak Esemka, Pak Saleh Husin dan instansi terkait lainnya untuk mematangkan mimpi saya membangun Esemka. Permasalahannya itu pemerintah mau atau tidak membuka pintunya," ujar pria yang akrab disapa Memet a.

Memet menambahkan, secara investasi dana Garansindo sudah sangat siap. Karena Garansindo itu sendiri memiliki misi yang sama seperti misi Jokowi yang ingin mengembangkan kendaraan atau mobil rakitan anak bangsa.

"Investasi dana kita siap, karena kita punya misi harus punya mobil atau kendaraan produksi dalam negeri yang semuanya dikerjakan oleh anak bangsa. Tapi dengan catatan, dari segi kualitasnya juga harus bagus," tegas Memet.

Tak hanya itu, Memet juga mengakui investasi seperti ini bukan suatu hal yang mudah, tapi yang paling penting itu adalah komitmennya pemerintah.

"Jika dikombinasikan dan dapat dukungan pemerintah, Esemka akan besar, hanya masalahnya adalah pemerintahannya itu sama tidak pemikirannya dengan presiden dan kita. Kalu semuanya sama, bisa sukses ini proyek, kasarnya tidak usah bikin proyek yang macam-macam, cukup Esemka dengan market tertentu seperti pedesaan, dalam kota, angkutan umum dan lain sebagainya sudah sangat cukup," tuntasnya.



(ady/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com