ADVERTISEMENT
Kamis, 15 Jan 2015 18:07 WIB

New Honda CR-V Pakai Airbag Takata Baru

- detikOto
Jakarta - Honda Indonesia telah meluncurkan New Honda CR-V versi terbaru. Versi anyar ini masih menggunakan airbag buatan Takata Corporation, namun berbeda dengan airbag Takata yang bermasalah dan menyebabkan jutaan mobil ditarik.

"New Honda CR-V baru ini masih menggunakan airbag Takata, tapi satu saja yakni di bagian driver, lainnya airbag buatan perusahaan lain," tutur Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual PT Honda Prospect Motor, Jonfis Fandy, di Jakarta, Kamis (15/1/2015).

Meski airbag tersebut buatan Takata, dan berbeda dengan yang bermasalah, namun pabrikan asal Jepang menjamin peranti itu aman.

"Kami sendiri akan memberikan layanan pengecekan atau perbaikan seandainya ada konsumen yang merasa ada yang tidak beres di airbag itu," kata Jonfis.

Sementara airbag di bagian penumpang depan maupun belakang, merupakan produk buatan perusaahan Jerman dan Jepang. Kedua produsen itu telah menjamin keamanannya.

"Saya rasa ini penting karena beberapa waktu lalu masalah airbag ini telah menimbulkan keresahan, dan itu tidak hanya konsumen Honda saja, tapi juga merek lain," papar Jonfis.

Honda, kata Jonfis, sangat memperhatikan aspek keamanan mobil buatannya, termasuk Honda CR-V yang dipasarkan di Tanah Air. Terlebih. CR-V di Indonesia telah membukukan penjualan yang bagus.

Sejak diluncurkan pada 2000 hingga 2014 lalu SUV andalan Honda itu telah terjual sebanyak 153.773 unit. Kini versi baru dari generasi keempat Honda CR-V itu ditawarkan dengan banderol Rp 395 - 477,5 juta.

Rinciannya, untuk tipe 2.0 L manual Rp 395 juta, tipe 2.0 L otomatis Rp 405 juta, sedangkan tipe 2.4 otomatis Rp 439 juta dan tipe tertinggi yakni 2.4 L Prestige Rp 477,5 juta.

Seperti diketahui, sepanjang 2014 puluhan juta unit mobil buatan berbagai pabrikan harus ditarik guna diperbaiki karena airbag buatan Takata Corporation yang digunakannya bermasalah.

Peranti itu mengembang tak semestinya sehingga bisa menekan pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Bahkan, bisa meledak dan serpihannya melukai seisi mobil.

(arf/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com