Kamis, 30 Okt 2014 15:39 WIB

Laporan dari Thailand

Ini Rahasianya Thailand Bisa Jadi Raja Mobil di ASEAN

- detikOto
Jakarta -

Gagasan Indonesia untuk merebut dominasi Thailand sebagai raja industri otomotif di ASEAN sudah berlangsung beberapa tahun lalu. Namun hingga kini Thailand masih pemimpin dalam hal produksi hingga kinerja ekspor mobil di ASEAN.

Thailand sejak 16 tahun lalu sudah punya lembaga independen di sektor industri otomotif yaitu Thailand Automotive Institute (TAI). TAI adalah lembaga yang merupakan kolborasi antara pemerintah dan swasta yang didirikan sejak 7 Juli 1998. Posisi TAI sebagai badan independen dan tak terkait regulasi pemerintah.

Salah satu tugas dari TAI adalah melakukan studi dan memberikan saran, kebijakan dan strategi dalam industri otomotif Thailand termasuk memecahkan masalah seperti persoalan produksi, teknologi, SDM dan pemasaran.

President of Thailand Automotive Institute Vichai Jirathiyut mengatakan awalnya TAI dibentuk sesuai arahan kementerian perindustrian dalam membangun dan promosi industri otomotif Thailand untuk bersaing di pasar global. Lewat kolaborasi swasta dan pemerintah Thailand yang kompak dengan penyediaan infrastruktur untuk industri, kini Thailand merasakan hasilnya sebagai hub industri otomotif di kawasan.

"Ini sebagai jembatan antara pabrikan dengan pemerintah, termasuk soal berbagai regulasi," kata Vichai saat bertemu dengan beberapa media nasional di Bangkok, Thailand, Kamis (30/10/2014).

Ia mengatakan TAI juga dapat bantuan dari Jepang, dalam melakukan rekaya terhadap barang-barang yang akan dirakit di Thailand atau pengembangan produk. Di TAI juga terdapat testing service dan testing center, inspection body untuk standar produk yang dihasilkan.

"Juga ada unit intelejen bidang otomotif," katanya

Perkembangan industri otomotif di Asia Tenggara sangat pesat. Berdasarkan data ASEAN Automotive Federation (AAF), pada tahun 2007, penjualan otomotif di Asia Tenggara mencapai 1.886.537 namun pada tahun 2012 telah mencapai 3.473.288 unit.

Pertumbuhan penjualan tersebut juga didukung oleh pertumbuhan produksi kendaraan bermotor yang cukup tinggi.

Pada tahun 2007, produksi kendaraan bermotor roda empat mencapai 2.215.944 unit sedangkan pada tahun 2012 telah mencapai 4.237.980 unit.

Dari sepuluh negara anggota ASEAN, hanya empat negara yang tercatat sebagai basis produksi yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

Thailand menjadi negara produsen otomotif terbesar di ASEAN. Pada tahun 2012, jumlah produksi kendaraan bermotor roda empat Thailand sebesar 2.453.717 unit sedangkan pasar dalam negeri hanya sebesar 1.436.335 sehingga hampir 50% produksi kendaraan bermotor roda empat di Thailand ditujukan untuk pasar ekspor.‎

(hen/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
dMentor
×
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia
Ide Bisnis Snack Ala Filsa Budi Ambia Selengkapnya